4 Bagian Otak Manusia

Otak adalah salah satu organ terbesar dan paling kompleks dalam tubuh manusia, di mana keberadaannya adalah sistem saraf pusat untuk mengendalikan semua fungsi tubuh. Dengan kata lain, otak adalah organ tubuh yang bertanggung jawab untuk mengatur pikiran dan seluruh tubuh manusia dengan mengoordinasikan dan mengatur perilaku tubuh, gerakan dan fungsi seperti detak jantung, suhu dan keseimbangan cairan dalam tubuh. tekanan tubuh dan darah.

Bagian Otak Manusia

Otak tersusun dari 2 sel penting, yaitu:

Sel-sel saraf
Ini adalah jenis sel yang ditemukan di otak, batang otak, sumsum tulang belakang dan sel-sel saraf yang berfungsi untuk menyimpan dan mengirim informasi ke otot dan mengirim informasi sensorik. Neuron otak memiliki 3 komponen, yaitu tubuh seluler, akson dan dendrit. Selain itu, neuron otak juga mengandung 2 jenis asam lemak, asam lemak PUFA, yaitu asam arakidonat (AA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Ada miliaran neuron di otak, di mana setiap neuron terhubung ke neuron lain melalui sinapsis. Sinaps itu sendiri adalah titik pertemuan antara terminal akson neuron dengan neuron lainnya.

Sel Glia
Yaitu sel-sel di otak selain neuron yang berfungsi memberikan nutrisi dan dukungan struktural kepada otak. Dengan kata lain, sel-sel ini bertanggung jawab untuk melindungi dan mendukung aktivitas neuron.

Otak adalah sistem saraf pusat yang sangat lunak, sehingga keberadaannya dilindungi oleh tengkorak dan tulang belakang. Selanjutnya, otak juga dilindungi oleh lapisan selaput meninges yang memiliki 3 lapisan, yaitu:

Piameter yang merupakan lapisan terdalam dan berbentuk seperti lipatan permukaan otak.
Arachnoidea mater yang memiliki bentuk yang mirip dengan jaring laba-laba yang mengandung sejenis cairan limfatik yang mengisi celah membran arachnoid. Cairan ini disebut cairan serebrospinal yang bertindak sebagai bantalan yang melindungi otak dari kerusakan mekanis.
Durametro dibagi menjadi 2 lapisan, di mana lapisan terluar bertindak sebagai endostium yang berintegrasi dengan tengkorak. Sedangkan lapisan lainnya berfungsi seperti durameter yang mudah dilepaskan dari tulang kepala.
Otak adalah organ yang paling penting dan organ yang paling rumit. Dikatakan sebagai yang paling penting karena walaupun hanya satu detik otak kita tidak berfungsi, tubuh akan mati karena organ tubuh lain juga berhenti bekerja.

Otak adalah organ manusia yang paling kompleks, di mana organ ini dibagi menjadi beberapa bagian otak manusia, yaitu:

1. Otak Besar (Telencephalon atau Celebrum)
otak besar Ini adalah bagian terbesar dan paling menonjol dari otak manusia, yang menempati 2/3 dari massa otak dan terletak di bagian atas rongga tengkorak. Bagian luar otak dilindungi oleh lapisan tipis jaringan abu-abu yang disebut korteks serebral. Secara garis besar, otak besar bekerja untuk memproses semua kegiatan intelektual, seperti:

Menentukan kecerdasan
Menentukan kepribadian
Untuk berpikir
untuk mengingat
untuk membayangkan
Rencanakan sesuatu
Sensasi saat disentuh
Memahami bahasa dan sebagainya

Otak besar dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:

untuk. Belahan otak kanan

otak kanan

Otak memiliki 2 bagian belahan otak, belahan kanan dan belahan kiri. Setiap belahan otak memiliki fungsi masing-masing sebagai

Bagian otak kanan memiliki fungsi otak kanan, antara lain untuk:

Periksa sisi kiri tubuh
Bertanggung jawab untuk mengembangkan kecerdasan emosional (EQ), seperti bersosialisasi, berkomunikasi, mengendalikan emosi dan berinteraksi dengan manusia lain
Bertanggung jawab atas kemampuan intuitif, kemampuan untuk merasakan, mengintegrasikan dan mengekspresikan tubuh seperti menari, melukis, menyanyi, dan kegiatan lainnya.
keterampilan melukis yang menggunakan otak kanan
b. Belahan otak kiri
otak kiri

Bagian otak ini memiliki beberapa fungsi otak kiri, termasuk:

Periksa sisi kanan tubuh
Ini adalah pusat Intelegent quotient (IQ) atau hal-hal yang memiliki hubungan dengan hubungan dan logika seperti kemampuan membaca dan menulis.
Dua belahan otak di atas dihubungkan oleh corpus callomsum, yang merupakan massa besar zat putih yang terbuat dari ikatan serat yang menghubungkan materi putih dari dua belahan otak.

Setiap belahan otak, otak kanan dan otak kiri dibagi menjadi 4 lobus, yaitu:

Lobus frontal, yang merupakan bagian utama otak, di mana lobus terkait dengan fungsi motorik, kemampuan untuk memecahkan masalah, kemampuan untuk menilai sesuatu, kreativitas, kemampuan untuk mengendalikan perasaan dan perilaku seksual, kemampuan untuk memahami bahasa, membuat alasan, merencanakan sesuatu, dan lainnya.
Lobus parietal, yang merupakan bagian tengah dari asosiasi otak

Sumber : https://santinorice.com