AAROGYA SETU KURANGNYA UNDANG-UNDANG PRIVASI DATA, KEBIJAKAN TRANSPARAN MEMBUAT APLIKASI MENGKHAWATIRKAN, KATA PENELITI MIT

AAROGYA SETU: KURANGNYA UNDANG-UNDANG PRIVASI DATA, KEBIJAKAN TRANSPARAN MEMBUAT APLIKASI MENGKHAWATIRKAN, KATA PENELITI MIT

AAROGYA SETU: KURANGNYA UNDANG-UNDANG PRIVASI DATA, KEBIJAKAN TRANSPARAN MEMBUAT APLIKASI MENGKHAWATIRKAN, KATA PENELITI MIT

 

AAROGYA SETU KURANGNYA UNDANG-UNDANG PRIVASI DATA, KEBIJAKAN TRANSPARAN MEMBUAT APLIKASI MENGKHAWATIRKAN, KATA PENELITI MIT

AAROGYA SETU KURANGNYA UNDANG-UNDANG PRIVASI DATA, KEBIJAKAN TRANSPARAN MEMBUAT APLIKASI MENGKHAWATIRKAN, KATA PENELITI MIT

Aarogya Setu telah menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di negara ini dalam rentang dua minggu peluncurannya dengan 90 juta unduhan . Dan salah satu alasan popularitasnya adalah karena Perdana Menteri Narendra Modi mendesak 1,3 miliar orang di negara itu untuk menggunakannya. Sementara aplikasi disarankan untuk bersifat sukarela pada saat diluncurkan, akhir-akhir ini banyak organisasi swasta dan publik mewajibkan karyawan mereka untuk menginstal aplikasi.

Aplikasi ini telah menghadapi banyak kritik karena kemungkinan kelemahan privasi dan keamanannya. Baru-baru ini, peretas Perancis Elliot Alderson juga mengangkat kekhawatiran tentang privasi aplikasi .

Sekarang, MIT University telah meninjau aplikasi Aarogya Setu untuk memahami seberapa efektif aplikasi tersebut, apakah aman digunakan, dan bagaimana membandingkannya dengan aplikasi pelacakan kontak lainnya yang sedang digunakan di berbagai belahan dunia.

Berlawanan dengan praktik ancaman penangkapan dan denda yang sedang berlangsung di negara itu untuk orang-

orang yang tidak memiliki aplikasi Aarogya Setu diinstal di ponsel mereka, tinjauan tersebut menunjukkan bahwa kebijakan aplikasi mengatakan itu sukarela untuk digunakan. MIT juga mengklaim bahwa India adalah satu-satunya negara demokratis di dunia yang telah mewajibkan warga negara untuk menggunakan aplikasi ini.

(Baca juga: Aarogya Setu: Baik suka atau tidak, aplikasi ini ada di sini, tetapi masih dipenuhi dengan masalah privasi yang membutuhkan jawaban kuat )

Aarogya Setu: Kurangnya undang-undang privasi data, kebijakan transparan membuat aplikasi mengkhawatirkan, kata peneliti MIT
Aplikasi Aarogya Setu di iOS

Aplikasi ini membutuhkan Bluetooth dan GPS agar berfungsi. Bagi mereka yang belum mengetahuinya, Aarogya Setu tidak hanya membuat pengguna sadar jika mereka telah melakukan kontak dengan pasien COVID-19, tetapi juga menawarkan akses ke layanan medis jarak jauh, e-apotek, dan layanan diagnostik. Menggunakan aplikasi juga tidak diperhitungkan dalam penggunaan data seluler harian. Semua fitur all-in-one ini memberikan keunggulan pada “pengaturan eksposur” yang dibuat oleh Google dan Apple yang hanya menggunakan Bluetooth untuk pelacakan kontak.

Ulasan menunjukkan bagian yang paling mengkhawatirkan dari aplikasi ini adalah kita tidak tahu siapa yang memiliki

akses ke database, dan mereka tidak memiliki kebijakan yang transparan. Dan di atas itu, India tidak memiliki undang-undang privasi data Nasional.

(Baca juga: Pekerja menandatangani petisi yang mendesak pemerintah untuk mengeluarkan nasihat yang menjelaskan bahwa aplikasi ‘Aarogya Setu’ tidak wajib )

Sesuai kepala proyek ini, Arnab Kumar, aplikasi ini dibangun dengan standar rancangan undang-undang privasi data yang saat ini berada di parlemen negara, dan mengatakan akses ke data yang dikumpulkannya dikontrol secara ketat. ”

Aplikasi ini bukan open source dan karena itu banyak kritikus mengangkat alis mereka. Kumar mengatakan bahwa

itu akan terjadi di telepon, tetapi tidak mengkonfirmasi tanggal yang diharapkan.

Tinjauan lebih lanjut mengungkapkan bahwa karena aplikasi ini bukan open source, kode dan metodenya tidak dapat dengan mudah ditinjau oleh pihak ketiga, dan tidak ada klausa matahari terbenam publik yang menyatakan kapan aplikasi akan berhenti wajib. Meskipun, Kumar telah mengkonfirmasi bahwa data orang yang sakit dihapus dalam 60 hari dan untuk orang sehat dalam 30 hari.

Sumber:

https://www.ram.co.id/seva-mobil-bekas/