Ade Hadiri Peletakan Batu Pertama Sekolah Alam Rinjani

Ade Hadiri Peletakan Batu Pertama Sekolah Alam Rinjani

Ade Hadiri Peletakan Batu Pertama Sekolah Alam Rinjani

 

Ade Hadiri Peletakan Batu Pertama Sekolah Alam Rinjani

Selain meninjau Sekolah Darurat dan Meresmikan Masjid Amal Saleh di Desa Sembalun

Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat berkesempatan menghadiri peletakan batu pertama Sekolah Alam Rinjani, Jumat (14/12/2018).

Sekolah Alam Rinjani didirikan oleh Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN), yakni jejaring bagi para guru dan pegiat sekolah alam se-nusantara, sebagai wadah berbagi semangat, inspirasi, pengetahuan dan gagasan bekerja sama dengan Komunitas Bajang Sembalun Kreatif (KBSK).

Di Sekolah Alam Rinjani ini terlihat ada berbagai pelatihan, seperti pelatihan proses menenun, pengolahan kopi, camping ground dan cara bercocok tanam.

Penggagas Sekolah Alam

Lendo Novo menuturkan, acara ini merupakan cara Allah SWT mempertemukan semua dan memikirkan bagaimana caranya membangun kembali Sembalun, Lombok agar bisa menjadi yang terbaik di dunia dengan segala keunikan lokal dan ekosistemnya. “Karena Allah SWT menciptakan kita sebagai umat terbaik “ katanya dalam sambutan.

Jaringan Sekolah Alam Nusantara

Jaringan Sekolah Alam Nusantara hadir disini mendampingi KBSK untuk bisa menjadi benar-benar anak Rinjani yang “gw banget” dan menjadi tempat yang menarik dikunjungi wisatawan.

“Kami semata-mata hanya mendampingi mereka untuk mencapai posisi terbaiknya, seperti berbagi cara konservasi alam, cara naik gunung rinjani sesuai secara kearifan lokal dan mengembangkan potensi lokal Sembalun,” kata dia.

Alumnus Institut Teknologi Bandung

Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) ini berharap kepada KBSK untuk mempraktekkan cara-cara terbaik naik gunung dan merawatnya agar ketika ada yang datang dapat nyaman mendaki gunung rinjani.

Ditempat yang sama Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat mengaku hadir ke peletakan batu pertama Sekolah Alam Rinjani kapasitasnya sebagai sahabat dan sebagai anggota pramuka yang mencintai alam dan ingin berbuat baik ke sesama.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor ini berharap Sekolah Alam Rinjani menjadi yang terbaik. Hidup ini hanya satu kali, jadi harus memberikan manfaat.

“Mudah-mudahan lewat kegiatan hari ini bisa bermanfaat dan kami menyisihkan sedikit anggaran untuk Sekolah Alam Rinjani. Semoga KBSK lebih kreatif lagi dan memotivasi yang lainnya untuk mencintai alamnya,” pungkasnya.

 

Artikel Terkait: