alannya Perlawanan dan Akhir Perlawanan

alannya Perlawanan dan Akhir Perlawanan

Kami-pun tidak mendapat banyak info mengenai jalannya perlawanan pada perang Ternate-Portugis yang pertama ini. Tapi di Ternate, sejak 1550 kadang-kadang terjadi pertempuran yang berkembang menjadi perang.

Dan selama perang inilah mencuat juga tokoh perlawanan muda bernama Pangeran Baab, selanjutnya Sultan Baabullah, putra dari Sultan Hairun yang begitu cakap sebagai panglima.

Di perang ini pula terjadi sebuah peristiwa yang mestinya selalu diingat. Dimana 3 kerajaan Islam terbesar kala itu (Aceh, Demak, Ternate) masing-masing dari Barat, Tengah, dan Timur Nusantara membentuk suatu front persatuan melawan Portugis yang terus bertahan sampai abad ke-15.

Disinilah, pasca era Majapahit tercipta lagi sebuah front persatuan Nusantara yang berandil besar dalam tindak-tanduk Barat selama seabad lamanya di bumi Nusantara.

Dan dengan front itu pula, perang dimenangkan Ternate. Wilayah Ambon direbut. Dan Portugis terpaksa memohon damai. Hal ini disambut dengan baik oleh Sultan Hairun. Portugis tetap diizinkan berdangan di Ternate dan bersaing dengan pedagang-pedagang lain secara bebas. Dan hak-hak istimewa mereka terkait monopoli dagang dicabut.

Perlawanan Kedua Dibawah Pimpinan Sultan Baabullah

*Gambar Sultan Baabullah tidak dapat saya temukan. Namun gambar dibawah ini sering dikatakan sebagai gambarnya, meski ada yang mengatakan sebagai gambar Sultan Mudaffar Syah II

https://teknologia.co.id/adventure-time-puzzle-quest-apk/