Apa Itu Adaptasi dan Mitigasi?

Apa Itu Adaptasi dan Mitigasi?

siapa yang telah mendengar makna adaptasi dan mitigasi? Bagi yang kerap memirsa serial dokumenter alam di National Geographic, semestinya telah dulu dengar, nih! Tetapi buat kamu yang belum dulu tahu, saat ini kita bahas bersama dengan aja ya.

1. Adaptasi

Diartikan sebagai upaya menyesuaikan diri bersama dengan lingkungan. Prosesnya dilakukan bersama dengan merespon perubahan sehingga selamanya bisa bertahan. Contohnya, adalah mangrove yang tumbuh di tempat berkadar garam tinggi dan tergenang gunakan surut laut. Kamu perlu tahu, bahwa seluruh makhluk hidup perlu bisa melakukan adaptasi. Bahkan, bidang pertanian dan sektor memproses pangan termasuk lho! Misalnya saja kala sefang terjadi perubahan iklim. Oleh karena itu, perlu dilakukan lebih dari satu cara untuk mengantisipasinya.

Lalu, bagaimana bersama dengan sumber energi air? Apakah perlu beradaptasi termasuk jikalau terjadi perubahan iklim? Tentu saja! Seperti semisal pada lain, tingkatkan efisiensi pemanfaatan air, membangun kapasitas tambahan penyimpan air, dan juga memulihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk memelihara sumber energi air.

2. Mitigasi

Merupakan upaya mengurangi pengaruh rusaknya lingkungan. Sebab kita seluruh menyadari pengaruh lingkungan merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dan merupakan bagian dari gejala alam. Jika tidak dilakukan mitigasi, maka bisa saja bencana alam terjadi. Tentu kita tidak mau, dong? Makanya, kita perlu menyadari contoh-contoh mitigasi selanjutnya ini. https://www.gurukelas.co.id/

Pada masalah bencana gempa bumi, kita perlu memicu bangunan yang tahan gempa dan juga sistem peringatan dini, sehingga kamu bisa langsung melakukan evakuasi jikalau diperlukan. Selain itu, jikalau ada perubahan iklim di pantai, aktivitas mitigasi yang bisa dilakukan pada lain melestarikan lahan basah dan memicu ruang terbuka untuk memelihara penduduk pesisir dari banjir, erosi, badai, dan kenaikan permukaan air laut.