Apa Saja Jenis Limbah?

Apa Saja Jenis Limbah?

siapa di pada kalian yang tinggal di tempat industri? Untuk kalian yang tinggal di dekat pusat-pusat pabrik, pasti familiar dengan limbah, ya. Limbah merupakan zat/sisa buangan dari aktivitas manusia atau industri. Ternyata, limbah banyak banget jenisnya, lho! Penasaran, kan? Yuk, cari jelas sekarang. Apa saja jenis limbah?

Dalam klasifikasinya, limbah dibagi jadi 4, lho. Keempat jenis limbah selanjutnya adalah limbah berdasarkan senyawanya, limbah berdasarkan sumbernya, limbah berdasarkan wujudnya, dan limbah bahan beracun dan berbahaya (B3). Sekarang, kami bahas satu persatu, ya!

Limbah Berdasarkan Senyawanya:

Berdasarkan senyawanya, limbah dibedakan jadi 2, yaitu limbah organik dan limbah anorganik. Limbah organik sendiri adalah limbah yang memiliki kandungan hidrokarbon dan cenderung mudah terurai dan juga berasal dari mahkluk hidup. Contoh limbah organik pada lain sisa-sisa makanan, misalnya sayuran yang sudah busuk.

Lalu, apa bedanya dengan limbah anorganik? Limbah anorganik adalah kebalikan dari limbah organik. Limbah anorganik tidak memiliki kandungan hidrokarbon dan sulit terurai karena bukan berasal dari mahkluk hidup. Contoh limbah anorganik pada lain kertas, plastik, kaleng, dan lain-lain.

Limbah Berdasarkan Sumbernya

Ternyata, limbah juga dibagi-bagi lagi ke dalam kelompok kecil berdasarkan sumbernya.

Limbah Berdasarkan Wujudnya

Berdasarkan wujudnya, limbah terdiri dari limbah cair, limbah padat, limbah gas, dan limbah suara. Limbah cair misalnya air sabun atau air deterjen yang anda menggunakan untuk membersihkan baju. Sedangkan limbah padat pada lain plastik, kaleng, dan kaca.

Lalu, limbah gas itu contohnya apa? Limbah gas pada lain CFC yang merupakan bahan buangan dari gas aerosol. Kalau limbah nada itu misalnya nada mesin yang benar-benar kencang atau nada pesawat terbang.

Limbah B3

Limbah B3 memiliki kandungan bahan beracun dan berbahaya yang secara langsung atau tidak langsung merusak lingkungan hidup dan kebugaran manusia. Contohnya pada lain aki bekas dan asam sulfat. https://www.biologi.co.id/