Cara Mencangkok Tanaman Dengan Benar

Cara Mencangkok Tanaman Dengan Benar

Cara Mencangkok Tanaman Dengan BenarCara Mencangkok Tanaman Dengan Benar

Mencangkok tanaman adalah salah satu teknik perkembangbiakan vegetatif buatan dengan tujuan memperbanyak tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan tanaman induknya. Salah satu kelebihan dari mencangkok adalah tanaman akan lebih cepat menghasilkan meskipun pohonnya belum terlalu tinggi.

Yang dimaksud dengan mencangkok adalah kegiatan dengan menguliti hingga bersih serta kambium pada cabang menghilang. Biasanya mencangkok dilakukan pada batang dahan atau ranting dengan panjang antara 5-10 cm pada tanaman dikotil. Bagian dahan yang telah dikuliti nantinya akan dibungkus dengan media tanam sampai akar mulai tumbuh dan tanaman siap di potong serta dipindah ke media tanam.

Jenis Tanaman Yang Dapat Dicangkok

Jenis Tanaman Yang Dapat Dicangkok

Cangkok merupakan suatu cara pengembangbiakan tumbuhan dengan menanam dahan atau cabang yang telah memiliki akar terlebih dahulu. Selanjutnya dipotong dan ditanam pada media tanam seperti pot atau kebun. Teknik ini tidak dapat diterapkan pada semua jenis tanaman. Tumbuhan yang dapat dicangkok adalah tanaman yang memiliki kriteria sebagau berikut :

Hanya tumbuhan yang berkambium yang dapat dicangkok, pengertian kambium menurut wikipedia adalah Kambium adalah lapisan jaringan meristematik pada tumbuhan yang sel-selnya aktif membelah dan bertanggung jawab atas pertumbuhan sekunder tumbuhan. kambium sendiri berfungsi untuk menghasilkan lapisan floem dan xilem, memperbesar diameter batang dan juga sebagai media penyalur makanan keseluruh jaringan tumbuhan.

Tumbuhan dengan buah berbiji berkeping dua atau biasa disebut tumbuhan dikotil, seperti pohon Rambutan, Mangga, Durian, Pohon Alpukat dll. Kriteria tumbuhan yang dapat dicangkok berikutnya dapat dilihat dari jenis akarnya. Tumbuhan yang dapat dicangkok hanyalah tumbuhan dengan akar tunggak atau akar tunggang, yaitu tumbuhan dengan akar yang bercabang-cabang.

kelebihan dan kekurangan mencangkok tanaman

Kelebihian Dan Kekurangan Tanaman Yang Dicangkok

Tumbuhan yang biasa dicangkok umumnya dalah tanaman buah, hal ini dikarenakan tumbuhan hasil cangkok memiliki kelebihan yaitu kualitas rasa maupun bentuk buah yang dihasilkan akan sama persis dengan tanaman induknya. Jika dibandingkan dengan tanaman yang ditanam melalui biji yang terkadang buah yang dihasilkan bisa berbeda kriteria maupun kualitas dibanding tanaman induknya. Selain itu yang membuat teknik mencangkok lebih unggul adalah tumbuhan hasil cangkok cenderung lebih cepat berbuah ketimbang dengan tanaman yang ditanam dari biji.

Beberapa keuntungan lain dari hasil mencangkok selain kualitas sama yang menyerupai indukannya adalah dari tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Ini dikarena seluruh proses dilakukan pada saat dahan untuk bakal pohon masih menempel pada indukannya, sehingga meminimalisir kegagalan. Hasil yang persis dengan indukan serta waktu berbuah cenderung lebih cepat membuat teknik ini menjadi banyak dipilih. Selain itu tanaman hasil cangkok bisa dimaksimalkan dengan menanam pada tempat dengan kandungan air tanah yang baik dan kaya unsur hara.

Walaupun tumbuhan yang dihasilkan dengan teknik pencangkokan lebih cepat berbuah ketimbang yang ditanam dari biji, bukan berarti cengkok tidak memiliki kekurangan. Kekurangan tanaman yang dicangkok adalah kekuatan tumbuhan cenderung lebih lemah, karena sistem akar dari hasil cangkok tidak bisa menyamai kekuatan akar dari tanaman induknya. Untuk itu pada proses pemotongan dahan hingga proses penanaman mesti dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak akar. Berbeda dengan tumbuhan yang ditanam dari biji yang memiliki akar lebih kokoh. Umur tanaman dari hasil cangkok juga cenderung lebih pendek.

Kekurangan lainnya dari proses pencangkokan adalah, tanaman cenderung tidak tahan akan kering terutama pada musim kemarau. Untuk itu proses penyiraman berkala pada tanaman hasil cangkok sangat dianjurkan. Selain itu angin kencang juga bisa membuat tanaman mudah roboh. Disisi lain, tanaman indukanpun akan rusak karena dahan yang dipotong. Proses pencangkokan dalam satu indukan tidak dapat dilakukan secara berlebih.

Sumber: https://businessnews.id/amazon-luncurkan-spark-media-sosial-untuk-belanja/