Cara Unik Paguyuban Orangtua Siswa Majukan Sekolah

Cara Unik Paguyuban Orangtua Siswa Majukan Sekolah

Cara Unik Paguyuban Orangtua Siswa Majukan Sekolah

Cara Unik Paguyuban Orangtua Siswa Majukan Sekolah

Mengadopsi dari unggahan Forum Peningkatan Kualitas Pendidikan Program PINTAR

Tanoto Foundation yang diterapkan salah satu satu sekolah mitra, membuat paguyuban orangtua siswa di SMPN 4 Tanjab Timur, Jambi mewujudkan kelas biasa menjadi kelas cantik yang kaya akan buku bacaan.

Peran paguyuban orangtua siswa sangat berarti bagi kemajuan sekolah. Berbagai peran bisa diambil oleh mereka seperti ikut menata kelas, pojok baca, hingga menyediakan buku bacaan.
Seperti yang dilakukan oleh Pak Yusman Tarigan suatu sore di SMPN 4 Tanjab Timur, ia bersama teman-teman paguyuban kelas mengecat, menata ruang kelas dan halaman.
“Ayo Bapak Ibu, kita susun buku bacaan di pojok baca,” teriak pak Tarigan mengajak teman-temannya.

Untuk diketahui, Tarigan tak sendiri, ia dibantu orangtua lainnya

yang sedang menyelesaikan pengecatan ruang kelas, menata meja dan kursi, membuat hiasan pojok baca, dan membuat taman di depan kelas.
“Kalau sore hari bisa, sudah tidak di kebun, jadi saya bisa fokus bantu menata kelas, terutama membantu menata pojok baca dan menaruh buku bacaan,” katanya, Senin (23/12).

Tak heran jika pada hari Jumat, (21/12), di SMPN 4 Tanjab Timur sangat ramai

. Usut punya usut esok harinya akan diadakan lomba menghias kelas dan pojok baca berkat dukungan orangtua siswa.
Itulah cara kepala sekolah tersebut, Ibu Tota Sinaga, dalam mengajak keterlibatan orangtua siswa. Kebetulan pengurus komitenya juga pernah dilatih peran serta masyarakat oleh Tanoto Foundation.
Menurut Tota, hampir setiap sore dalam seminggu diisi dengan kehadiran orangtua sebagai upaya dukungan terhadap anaknya di setiap kelas. Mereka hadir bergotong royong membersihkan dan menata kelas anaknya.

 

Baca Juga :