DAMPAK POSITIF KONFLIK SOSIAL

DAMPAK POSITIF KONFLIK SOSIAL

DAMPAK POSITIF KONFLIK SOSIAL

DAMPAK POSITIF KONFLIK SOSIAL

Setiap hal memiliki dampak positif dan negatif yang perlu kita ketahui dari sebuah kejadian, konflik sosial yang terjadi di Indonesia memiliki beberapa dampak positif dan negatif dimana hal itu dapat memperbaiki sesuatu ke depannya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama atau membuat hal tersebut menjadi pelajaran. Berikut dampak positif konflik sosial.

1. MEMOTIVASI

Ketika terjadi konflik sosial sebuah kelompok atau individu akan mencari cara untuk selalu berhasil dan menjatuhkan lawan dengan berbagai cara untuk mencapai tujuan nya, motivasi dan semangat mereka akan meningkat serta akan selalu memiliki solusi dari setiap permasalahan yang sedang terjadi dengan berbagai cara.

2. SEMAKIN KOMPAK DAN SOLID

Sebuah kelompok atau individu akan semakin kompak dan solid ketika mereka menghadapi suatu konflik sosial untuk mencapai suatu tujuan yang sama serta kerjasama tim yang akan menyelesaikan dengan mudah suatu persoalan dengan berbagai pemikiran di sebuah kelompok tersebut.

3. ADANYA GAGASAN BARU

Muncul nya ide – ide baru dari suatu diskusi yang di lakukan kelompok atau individu untuk menyelesaikan konflik sosial yang terjadi, hal tersebut dapat menguntungkan suatu kelompok atau individu dengan mendapatkannya aspek kehidupan baru dari berbagai pemikiran setiap individu yang di padukan menjadi satu muncul hal baru.

4. TIDAK LUPA PADA NORMA LAMA SUATU DAERAH/LINGKUNGAN

Timbulnya konflik sosial juga dapat memberi pengaruh baik bagi suatu kelompok atau masyarakat maupun individu, konflik sosial dapat membantu membangkitkan kembali norma-norma lama serta dapat memunculkan ide – ide baru supaya tercipta nya ke harmonisan dan keteraturan dalam masyarakat tersebut.


Baca Juga :