Dukung ITB jadi Entrepreneurial University, Sinar Mas Bangun STP

Dukung ITB jadi Entrepreneurial University, Sinar Mas Bangun STP

Dukung ITB jadi Entrepreneurial University, Sinar Mas Bangun STP

Dukung ITB jadi Entrepreneurial University, Sinar Mas Bangun STP

Konsorsium Sinar Mas bersama PT Astra International Tbk, menyatakan komitmennya

dalam pembangunan Science and Techno Park (STP) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Rencananya STP akan digunakan sebagai pusat kegiatan riset, pendidikan serta program inkubator industri yang memfasilitasi pembinaan pelaku bisnis rintisan (start up – red).

Managing Director Sinar Mas, Gandi Sulistiyanto dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com mengatakan, penyerahan komitmen pembangunan gedung STP ITB merupakan kesinambungan Sinar Mas membantu dunia pendidikan sebagai bagian tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

“Gedung ini nanti akan membina mahasiswa agar menjadi entrepreneur sejalan dengan misi ITB

sebagai entrepreneurial university,” ujar Gandi usai penandatanganan komitmen dukungan para pemerhati pendidikan serta dunia usaha dalam program donasi untuk pengembangan ITB digelar di Hotel Pullman Jakarta, Sabtu (14/10).

Kiprah kegiatan CSR Sinar Mas kepada dunia pendidikan, kata Gandi, sudah dimulai oleh pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja melalui pendirian Universitas Prasetya Mulya bersama-sama dengan sejumlah pengusaha.

Kemudian, kegiatan CSR di bidang pendidikan berlanjut dengan terwujudnya kerjasama Sinar Mas dengan ITB mendirikan Institut Teknologi dan Sains Bandung (Yayasan ITSB) di Delta Mas Bekasi.

Selain itu untuk keperluan ITB, lanjut Gandi, Sinar Mas Land telah menyiapkan lahan fasos

dan fasum seluas 40 hektare yang juga berlokasi di Kota Deltamas di jantung Kawasan Industri Bekasi.

“Nantinya diharapkan setelah terjun ke dunia usaha, para mahasiswa mampu mengikuti era digitalisasi yang berkembang sangat pesat,” jelas Gandi.

Sementara itu, Rektor ITB Prof Kadarsah Suryadi, mengatakan, dalam rangka menuju entrepreneurial university, ITB akan mengimplementasikan hasil-hasil riset dalam bentuk karya nyata.

“Saat ini kami baru menghasilkan 77 start up company. Dengan fasilitas baru ini, kami berharap akan lebih banyak start up dan entrepreneur yang dihasilkan. Target kami akan ada 200 start up baru,” katanya.

Kadarsah menambahkan, STP ITB juga akan mempertemukan para inovator dengan kalangan industri. “Jadi peran STP ini penting untuk mendorong para inovator menjadi entrepreneur yang mandiri,” ungkapnya.

Penyerahan komitmen pembangunan Science and Techno Park ITB senilai Rp 40 miliar di kompleks kampus ITB Jalan Ganesha Bandung diterima langsung oleh Profesor Kadarsah Surjadi.

Acara tersebut disaksikan Ketua MWA ITB Betti Alisjahbana, Managing Director Sinar Mas Saleh Husin dan Pongki Pamungkas dari Astra International, dan Dhony Rahajoe dari Sinar Mas Land.

 

Sumber :

https://works.bepress.com/m-lukito/1/