FAKTOR PENDORONG INTEGRITAS NASIONAL

FAKTOR PENDORONG INTEGRITAS NASIONAL

FAKTOR PENDORONG INTEGRITAS NASIONAL

FAKTOR PENDORONG INTEGRITAS NASIONAL

Ada banyak sekali faktor pendorong integritas Nasional yang perlu diketahui oleh masyarakat Indonesia. Beberapa faktor tersebut akan dibahas di bawah ini.

1. RASA SENASIB DAN SEPERJUANGAN

Pada jaman dahulu, para pejuang Indonesia selalu bersatu untuk melawan para penjajah. Seluruh rakyat Indonesia juga mendukung dengan berpartisipasi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Rasa persatuan seperti ini terjadi akibat rasa senasib yang mana tidak suka hidup terjajah dan disiksa oleh para penjajah.

Pada saat itu, seluruh rakyat Indonesia turut merasakan nasib yang sama mulai dari Sabang hingga Merauke. Bahkan, rakyat Indonesia saling tolong-menolong dalam memerangi penjajah dengan tidak lagi peduli mengenai asal-usul suku, agama, ras, dan golongan.

Perasaan senasib dan seperjuangan ini perlu untuk dipertahankan sampai kapan pun. Penerapan toleransi seperti ini akan menumbuhkan rasa empati dan juga prihatin terhadap saudara lainnya yang kurang beruntung. Kemudian, pada akhirnya ikut menolong dengan memberikan ilmu agar dapat bertahan hidup dan juga berbagai cara baik lainnya.

Jika dilakukan oleh banyak rakyat Indonesia, tentu saja kesenjangan sosial akan terus berkurang. Sampai pada akhirnya, tingkat kriminalitas berkurang dan pembangunan menjadi lancar atau bahkan berkembang dengan sangat pesat.

2. ADANYA RASA NASIONALISME YANG TINGGI

Nasionalisme perlu untuk dilakukan oleh seluruh rakyat yang berada di suatu negara tersebut. Ada banyak sekali perwujudan dari rasa nasionalisme dan salah satunya dengan selalu mengusahakan untuk menggunakan produk anak bangsa.

Tentu saja pada era ini, rasa nasionalisme tidak lagi diwujudkan dengan mengangkat senjata. Hal tersebut disebabkan oleh negara Indonesia sudah merdeka. Cara lain yang dapat dilakukan adalah belajar yang rajin dan membekali diri dengan berbagai kemampuan untuk turut membantu dalam pembangunan bangsa suatu hari nanti bagi seorang murid.

Sedangkan bagi orang yang sudah bekerja, Anda bisa saja dengan sering menggunakan pakaian batik ke kantor. Kemudian, bekerja dengan sungguh-sungguh untuk memajukan perusahaan tempat Anda bekerja. Selain itu, membayar pajak tepat waktu. Tindakan-tindakan tersebut akan sangat berguna bagi negara dan berarti sudah secara langsung terlibat dalam pembangunan negara.

Bahkan, bila Anda adalah seorang ibu, Anda juga dapat turut berpartisipasi dalam mewujudkan rasa nasionalisme ini. Caranya adalah mengajarkan kepada anak-anak Anda mengenai pentingnya ilmu-pengetahuan dan juga turut membangun rasa nasionalisme sang anak.

Perlu diingat bahwa jasa seorang ibu akan sangat besar dan berpengaruh dalam mewujudkan rasa nasionalisme bangsa Indonesia, karena ibu adalah sekolah paling pertama untuk membangun karakter sang anak.

3. MUNCULNYA ANCAMAN DARI LUAR NEGARA

Biasanya integritas nasional akan maju dengan sangat saat adanya ancaman penjajahan dari luar negeri yang akan muncul. Apabila ada negara lain yang hendak datang menjajah, baik secara langsung atau tidak langsung, maka rasa cinta tanah air dan persatuan akan menjadi utuh kembali.


Sumber: https://www.slimmingcapsule.co.id/beyond-oasis-classic-apk/