FAKTOR PENGHAMBAT INTEGRITAS NASIONAL

FAKTOR PENGHAMBAT INTEGRITAS NASIONAL

FAKTOR PENGHAMBAT INTEGRITAS NASIONAL

FAKTOR PENGHAMBAT INTEGRITAS NASIONAL

Faktor yang berkaitan dengan pertumbuhan integritas nasional itu tidak hanya meliputi faktor pendukung saja. Ada juga faktor yang mampu menghambat rasa persatuan dari seluruh rakyat. Beberapa faktor penghambat tersebut harus dihindari dan terus diperbaiki, sehingga keutuhan Indonesia dapat terus terjaga. Beberapa faktor tersebut dapat disimak sebagai berikut.

1. BERKURANGNYA KESADARAN AKAN PENTINGNYA TOLERANSI TERHADAP SARA

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini generasi muda Indonesia sedang mengalami krisis moral. Hal tersebut membuat ada banyak sekali kasus tawuran yang terjadi antara sesama pelajar. Contoh lainnya yaitu adanya budaya saling menyindir antara umat beragama saat ada kejadian buruk yang kebetulan dilakukan oleh oknum yang memiliki suatu agama.

Ingat sekali lagi SARA itu tidak boleh disinggung sama sekali. Bila dilanggar sudah pasti dampaknya akan menjadi sangat heboh dan akan terjadi kekacauan yang dapat menyebabkan keretakan dalam persatuan Indonesia. Bila ada orang yang bersalah, maka jangan salahkan suku, agama, ras, dan golongan dari oknum tersebut.

Salahkan oknum tersebut yang telah berbuat tindakan penyimpangan dari moral. Hal yang perlu sekali lagi untuk dipahami adalah suku, agama, ras, dan golongan tidak pernah mengajarkan untuk saling membunuh. Dimanapun pembunuhan tidak dibenarkan, kecuali dalam rangka mempertahankan diri maupun mempertahankan tanah air saat dijajah.

Selain itu, pembunuhan merupakan hal yang keji. Jadi jangan lagi mengatakan bahwa suatu suku, agama, ras, dan golongan adalah jahat. Anda tidak boleh menganggap suatu suku, agama, ras, dan golongan itu jahat. Ingat bahwa yang jahat itu hanyalah sang oknum.

Jadi menjaga perkataan untuk tidak menyinggung SARA adalah hal yang penting. Bila dilanggar, maka orang yang melanggar tersebut telah turut andil dalam menghambat persatuan dan kesatuan dari Indonesia.

2. ADANYA RASA IRI DAN DENGKI AKIBAT KESENJANGAN SOCIAL

Kesenjangan sosial dapat menjadi salah satu faktor yang meretakkan rasa persatuan dan kesatuan akan negara ini. Maka dari itu, seluruh generasi dari bangsa ini sebisa mungkin untuk terus berkarya dan banyak membuka lapangan pekerjaan.

Semakin banyak pengusaha yang sukses, maka pengusaha tersebut telah turut serta dalam menurunkan kesenjangan sosial, mengentaskan angka kemiskinan, dan mengurangi jumlah pengangguran. Selama angka kesenjangan sosial ini tidak berkurang, maka integritas nasional tidak mudah terwujud.

Contoh lain dari tindakan yang menyebabkan kesenjangan sosial adalah pembangunan yang tidak merata dan hanya terpusat di ibu kota saja. Maka dari itu, pihak pemerintah juga harus giat untuk melakukan pembangunan dengan pesat di daerah lainnya.


Baca Juga :