Faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Masyarakat Multikultural

Faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Masyarakat Multikultural

Faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Masyarakat Multikultural

Faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Masyarakat Multikultural

  • Faktor Sejarah

Negara kita memiliki sumber daya alam yang begitu melimpah. Tak heran bila banyak bangsa asing yang berdatangan karena ingin menguasai sumber daya alam Indonesia, seperti Belanda, Inggris, Portugis dan juga Jepang. Bangsa asing ini menjajah dan menetap di Indonesia dalam kurun waktu yang cukup lama, bahkan tak sedikit yang akhirnya menikah di Indonesia. Kondisi ini menimnbulkan kekayaan budaya dan rasa di Indonesia sehingga terbentuklah masyarakat multikultural.


  • Faktor Pengaruh Kebudayaan Asing

Globalisasi ialah proses penting dalam penyebaran budaya di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Karena keterbukaannya masyarakat Indonesia lebih mudah untuk menerima budaya asing walaupun harus terjadi gesekan atau benturan dengan budaya lokal.


  • Faktor Geografis

Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudra, kondisi geografis ini menjadikan Indonesia sebagai jalur perdagangan Internasional. Karena itulah banyak negara asing yang datang ke Indonesia untuk berdagang, seperti Arab, Cina, India dan lain sebagainya. Kondisi ini akan menambah budaya asing yang masuk ke Indonesia sehingga terbentuklah masyarakat multikultural.


  • Faktor Fisik Dan Geologi

Jika dilihat dari struktur geologi, Indonesia terletak di antara tiga lempeng yaitu lempeng Asia, Australia dan Pasifik. Karena itulah Indonesia sebagai negara kepulauan mempunyai tiga tipe geologi yakni tipe Asiatis, Australia dan Peralihan. Kehidupan masyarakat yang tinggal disuatu pulau saja berbeda dengan kehidupan masyarakat di pulau lain. Biasanya masyarakat yang tinggal dipulau yang kecil akan sulit untuk memperoleh sumber daya. Berbeda dengan masyarakat yang tinggal di pulau besar. Hal ini membuat kebudayaan setiap pulau berbeda-beda.


  • Faktor Agama

Selama ini agama turut membentuk interaksi antara manusia dalam suatu tetanan kehidupan. Agama juga menjadi simbol dan sejarah yang memperkuat manusia dalam aturan sesuai ajaran kitab suci. Indonesia sendiri memiliki masyarakat yang berbeda-beda agama dan kepercayaannya sehingga terbentuklah masyarakat multikultural.


  • Faktor Iklim

Kondisi geografis, iklim ataupun cuaca yang berbeda-beda bisa berpengaruh terhadap pola perilaku masyarakat dalam menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan kondisi yang ada.


  • Faktor Keanekaragaman Ras

Ras merupakan sistem klasifikasi untuk mengelompokkan manusia berdasarkan fisik, asal usul geografis dan lain sebagainya. Perbedaan ras juga menjadi salah satu faktor timbulnya masyarakat multikultural.


Sumber: https://baglshared.co.id/dungeon-quest-apk/