Generasi Milenial pada Dunia Politik

Generasi Milenial pada Dunia Politik

Generasi Milenial pada Dunia Politik

Generasi Milenial pada Dunia Politik

Generasi Milenial pada Dunia Politik

Generasi milenial adalah generasi yang lahir tahun 1980-an hingga tahun 2000, yang disebut juga dengan generasi Y. Generasi milenial ini disebut juga sebagai generasi yang  menentukan masa depan, dikarenakan adanya kemudahan yang didapatkan pada saat ini, dimana segala bentukinformasi yang dibutuhkan dapat dengan mudah diakses melalui berbagai media yang tersedia. Generasi inisangat akrab denganperkembangan teknologi yang ada,hal inilah yang membuat generasi ini cenderung memiliki ide yang visioner dan inovatif.Generasi yang saat ini tengah berusia antara 18 hingga 37 tahun ini dianggap unik dibanding generasi sebelumnya, karena kehidupan generasi milenial ini tidak bisa lepas dari teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet (Rojaby, 2018; Juditha & Darmawan, 2018).

Kemudahan dari perkembangan teknologi, komputer, dan segala akses yang ada ini memungkinan penyajian semua informasi yang diperlukan secara instan. Salah satunya adalah informasi terkait politik, yang menjadikan generasi ini sangat reaktif terhadap hal-hal yang terjadi disekitarnya. Akrab dengan teknologi inilah menjadikan generasi ini memiliki  keistimewaan tersendiri yang tidak bisa dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Akrab teknologi inilah yang menyebabkan generasi milenial tidak bisa lepas dari internet maupun  hiburan yang sudah  menjadi kebutuhan yang pokok generasi milenial (Rojaby, 2018).

Direktur Indonesia New Media Watch menyebutkan bahwa generasi milenial telah menjadi sebagai salah satu penentu pemenang dalam Pemilihan Umum Presiden 2019. Jumlahnya yang mencapai 80 juta jiwa ini mencakup 30 persen dari total pemilih di Indonesia. Prediksi ini didapatkan dari data hasil survei yang dilakukan oleh CSIS, yang juga menyebutkan bahwa generasi milenial tak begitu berminat terhadap politik dan lebih tertarik untuk mengakses konten hiburan, teknologi, dan inovasi.Penggunaan teknologi internet oleh generasi milenial justru cenderung tidak digunkan untuk mengakses berita politik, karena mereka cenderung menjadi apolitis(Rika, 2018).

Sumber : http://fenilu95.blog.unjaniyogya.ac.id/blocklauncher-pro-apk/