gigi

Gigi : Pengertian, Anatomi Bagian, Lapisan

Dalam hal ini, kita akan berbicara tentang gigi: pemahaman, anatomi bagian, lapisan, jenis dan jumlah gigi manusia.

Table of Contents

Memahami gigi

Gigi adalah alat yang digunakan dalam industri makanan saat kita makan. Dengan gigi Anda dapat menggigit, memotong, merobek, mengunyah makanan. Proses gigi bekerja selama pencernaan makanan disebut pencernaan mekanis.

Gigi adalah salah satu struktur keras dan keras yang ditemukan di rongga mulut manusia dan vertebrata.

Anatomi gigi

Secara struktural, anatomi gigi terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

Mahkota Gigi
Mahkota gigi (mahkota) atau yang biasa disebut apeks gigi adalah bagian yang terlihat dari luar. Setiap jenis memiliki bentuk mahkota gigi yang berbeda.

Leher gigi
Leher (pilar) adalah bagian yang ada di dalam gusi, yang dilindungi. Leher gigi adalah batas antara mahkota dan gigi.

Akar gigi
Akar gigi (root) adalah bagian dari gigi yang ada di dalam atau di rahang. Gigi rekat menempel di tulang rahang sebanyak satu atau dua.

Semen gigi
Semen gigi menutupi akar gigi dan juga membantu menjaga gigi menempel pada gusi. Semen gigi terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

Lapisan semen, yang merupakan akar pelindung gigi di gusi.
Gusi tempat gigi tumbuh.
Bantalan gigi
Bagian gigi seseorang terdiri dari empat lapisan atau jaringan, termasuk:

Email Gigi
Email adalah lapisan atau jaringan keras yang menutupi mahkota gigi yang mengandung kalsium. Enamel gigi memiliki fungsi melindungi tulang gigi di luar gigi.

Tulang gigi (dentin)
Dentin atau tulang dentin adalah lapisan atau jaringan gigi yang terbentuk dari kapur kekuningan yang terletak setelah lapisan enamel.

Rongga gigi (pulpa)
Pulpa atau rongga gigi adalah lapisan atau jaringan gigi di mana terdapat pembuluh darah untuk mendukung seluruh sistem pencernaan, serta serabut saraf yang menentukan tekanan, panas, dingin, dan nyeri. Pembuluh darah dan saraf menyebar ke akar gigi.

Tengkorak gigi
Semen atau sementum adalah lapisan keras yang memiliki konstruksi kokoh yang meratakan akar gigi. Sperma adalah lapisan pada akar gigi, yang berbatasan langsung dengan tulang rahang.

Lihat juga Sumber Link artikel Lainnya :