Inlet dan Outlet Geotube

Inlet dan Outlet Geotube

Inlet dan Outlet Geotube

Inlet dan Outlet Geotube

Pada sebuah tube terdapat beberapa

lubang pengisi campuran ( inlet ) dan lubang dimana air keluar bila tube telah penuh ( outlet ). Outlet berfungsi agar tube tidak mengalami tekanan yang melebihi kuat tarik geotekstil. Tube yang panjangnya melebihi 15 meter sebaiknya diberi lebih dari satu inlet.
Setelah pengisian tube selesai, inlet dan outlet biasanya diikat / disimpul, namun bila merasa perlu dapat dijahit dengan menambah sepotong geotekstil di atasnya. Inlet dan outlet rata – rata berdiameter 3 – 4 inci.
Umumnya campuran air pasir yang diisi ke dalam tube sangatlah cair, akibatnya tube akan mempunyai kecenderungan untuk berbentuk lebar dan pipih. Tube yang terlalu pipih tentunya tidak akan mencapai ketinggian optimal yang diharapkan.
Untuk menjaga bentuk tube, di sampingnya dapat diberi bekisting kayu dan kawat atau dapat diberi timbunan di samping tube. Pada dasarnya, berbagai cara dapat dilakukan dengan disesuaikan pada kondisi lapangan.

Demikian pula dengan pengisian tube dapat dilakukan sekaligus beberapa inlet, tergantung pada kelengkapan peralatan dan keadaan lapangan.


Sumber: https://blog.fe-saburai.ac.id/seva-mobil-bekas/