Instalasi Ubuntu Pada Windows XP

Instalasi Ubuntu Pada Windows XP

Instalasi Ubuntu Pada Windows XP

Instalasi Ubuntu Pada Windows XP

Instalasi Ubuntu Pada Windows XP

Sebelum saya menulis artikel ini alangkah baiknya mengucapkan bismillah terlebih dahulu, agar artikel yang akan saya tulis ini bisa bermanfaat bagi pembaca…
Saya di sini akan menulis sebuah artikel tentang cara penginstallan Ubuntu pada windows xp menggunakan wubi, sehingga anda bisa memiliki 2 operating system sekaligus pada Computer anda, yaitu windows XP dan Ubuntu.

Baiklah tidak usah banyak basa basi, langsung saja kita belajar menginstall Ubuntu pada windows XP menggunakan wubi, sebelumnya jika anda belum punya Wubi, silkan download di sini.

Jika anda sudah download dan menyimpannya pada komputer anda, sekarang anda sudah bisa memulai penginstallan Ubuntu-nya. Berikut langkah-langkah penginstallannya :

1. Cari di direktori apa letak wubi yg telah km download, jika sudah ketemu Klik 2x.

2. Kemudian nanti akan muncul tampila seperti gambar di bawah, Anda dapat meilih letak partisi anda di drive C,D, E atau lainnya. Ukuran instalasi ubuntu, Tampilan dekstop (Gnome = Ubuntu, KDE = Kubuntu, Education = Edubuntu dll), Anda juga dapat memilih bahasa dan yang paling penting tuliskan username dan password anda untuk masuk ke ubuntu. Terakhir klik install afterwards . Kemudian Klik Install.

3. Wubi akan secara otomatis mendownload ubuntu sesuai dengan pilihan anda. Tunggu dengan sabar.

4. Jika semua telah terdownload dengan lengkap, maka anda akan diminta untuk me-reboot / restart
komputer anda.

5. Setelah booting, anda akan mendapat tampilan untuk memilih sistem operasi apa yang ingin anda
pakai. Pakailah tanda panah bawah untuk memilih ubuntu kemudian tekan enter.

6. Pada dasarnya ubuntu belum terinstal dikomputer anda, Sehingga anda akan memperoleh tampilan proses instalasi ubuntu seperti di bawah ini

7. Setelah instalasi selesai, maka komputer akan reboot kembali Anda akan mendapatkan tampilan pilihan sistem operasi lagi. Pilih Ubuntu dan ENTER.

8. Anda akan melihat tampilan dekstop booting dari ubuntu

9. Ketikkan username dan password yang telah anda buat saat pertama penginstallan .

10. Setelah anda masukkan username dan password dengan benar anda akan berhasil masuk pada ubuntu, tampilan awalnya sebagai berikut :

Dengan begitu kita sudah berhasil melakukan penginstallan Ubuntu pada windows XP menggunakan wubi. Untuk kalian yang ingin menggunakan Operating System Linux tetapi anda juga ingin mempunyai Operating System windows pada PC / Laptop anda silakan mencoba cara ini, masalah biaya untuk memiliki Ubuntu ini tidak usah di pikirkan karena Ubuntu ini adalah Open Source (terbuka).

Sumber : https://apartemenjogja.id/