Karya Ilmiah

Karya Ilmiah

Karya Ilmiah

Karya Ilmiah

    Pada kehidupan ini kita pasti melalui jenjang pendidikan dari rendah sampai tinggi. Jenjang itu dimulai dari TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, bisa dikatakan TK dan SD masih dalam tahap bermain sambil belajar. Saat SMP lah kita dihadapkan kepada tugas-tugas yang agak kompleks, seperti pembuatan karangan / karya. Karangan / karya ini bisa dikerjakan secara individu maupun berkelompok, keadaan seperti ini akan terus berlanjut sampai ke Perguruan Tinggi.

            Berdasarkan penjelasan maka saya akan memposting segala sesuatu yang berhubungan dengan karangan / karya. Sebelumnya membahas macam-macam karangan / karya, alangkah baiknya kita mengetahui pengertiannya. Karangan adalah karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami. Pada postingan pertama ini saya akan membahas tentang macam-macam karangan / karya yang dibagi menjadi 3 macam, yaitu :

  1. Karya Ilmiah

Menurut sumber yang saya dapatkan karya ilmiah adalah suatu karya tulis atau karangan yang ditulis berdasarkan penelitian yang ditulis secara sistematis, berdasarkan fakta di lapangan dan dengan menggunakan pendekatan metode ilmiah.


Ciri-ciri karya ilmiah :

  • Karya ilmiah harus merupakan pembahasan suatu hasil penelitian (factual objektif). Artinya sesuai dengan objek yang diteliti.
  • Bersifat metodis dan sistematis
  • Menggunakan ragam bahasa ilmiahyang baku dan formal, bahasanya bersifat lugas agar tidak menimbulkan penafsitan dan makna ganda.

Menurut penggunaannya di bagi menjadi 2 :

  1. Karya Ilmiah Pendidikan, digunakan untuk tugas meresume pelajaran, serta persyaratan mencapai suatu gelar pendidikan, karya ilmiah terdiri dari :
  2. a)Paper ( Karya Tulis)
  3. b)Pra Skripsi
  4. c)Skripsi
  5. d)Thesis
  6. e)Desrtasi
  7. Karya Ilmiah Penelitian terdiri dari :
  8. a)Makalah seminar
  9. b)Laporan hasil penelitian
  10. c)Jurnal Penelitian

Sumber : https://filehippo.co.id/