Kemenristekdikti dorong mahasiswa jadi pengusaha dan profesional

Kemenristekdikti dorong mahasiswa jadi pengusaha dan profesional

Kemenristekdikti dorong mahasiswa jadi pengusaha dan profesional

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mendorong mahasiswa untuk menjadi pencipta lapangan pekerja atau pengusaha, dan tenaga kerja terampil serta profesional agar siap berkontribusi positif bagi pembangunan kemajuan Indonesia.

Menristekdikti Mohamad Nasir kepada wartawan di Jakarta, Selasa

malam mengatakan untuk menyiapkan generasi emas Indonesia 2045 maka diperlukan penguatan sumber daya manusia dan peningkatan keterampilan dan kompetensi agar generasi itu mampu berdaya saing, menciptakan lapangan kerja, menjadi sumber tenaga kerja profesional dan mampu melahirkan berbagai inovasi dan terobosan.

Dia mengatakan pendidikan vokasi menjadi penting untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan dan keterampilan siap pakai bagi masa depan mereka.
Dalam peningkatan keterampilan mahasiswa, maka pendidikan dengan praktik langsung di lapangan menjadi kunci.

Kemenristekdikti menjalin kerja sama dengan berbagai pihak

untuk memberikan pelatihan dan pendidikan secara nyata kepada mahasiswa untuk membekali mereka menjadi lulusan yang berkualitas. Salah satu kerja sama yang didorong adalah dengan pihak Taiwan melalui pendidikan vokasi mahasiswa dengan skema dua tahun di Taiwan dan dua tahun di Indonesia. Mahasiswa langsung mendapatkan dan mempraktikkan ilmu secara nyata di dunia usaha atau industri.

“Kalau keterampilan makin baik dan dia bisa diterima di industri

karena dia praktik di industri di sana, itu berarti dia lulus siap untuk bekerja. Kalau sumber daya kita siap, untuk itu di tahun 2045 tenaga kerja sudah siap,” ujarnya.

Baca Juga :