Komunikasi During (online): jenis, fungsi dan contoh

Komunikasi online: jenis, fungsi, contoh

Memahami komunikasi

Komunikasi adalah proses memindahkan informasi dari satu orang ke orang lain dalam bentuk ide.

Komunikasi adalah proses menyampaikan pikiran dan perasaan mereka kepada orang lain menggunakan tanda-tanda yang bermakna bagi kedua belah pihak. Dalam beberapa situasi komunikasi adalah mengubah perilaku atau sikap seseorang atau banyak orang sehingga ada efek yang diharapkan tertentu

Definisi komunikasi online (dalam jaringan)

Setelah memahami makna komunikasi, kita akan memasuki diskusi inti. Istilah komunikasi online mengacu pada membaca / menulis dan berkomunikasi melalui / melalui jaringan komputer. (Warschauer, M. 2001 hal. 20-21)
Dengan kata lain, komunikasi online adalah cara berkomunikasi di mana pesan dikirim dan diterima melalui jaringan internet atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu sering disebut sebagai komunikasi di dunia maya.
Keuntungan dan kerugian dari komunikasi online

Beberapa kelebihan komunikasi dalam jaringan dibandingkan dengan komunikasi konvensional meliputi:

Itu dapat dilakukan kapan saja, di mana saja: Dengan komunikasi jaringan, semua pengguna dapat berkomunikasi kapan saja jika mereka terhubung ke jaringan internet dan memiliki fasilitas yang memadai.

Efektivitas biaya: Tidak seperti komunikasi tradisional, komunikasi online dapat menghemat biaya perjalanan karena tidak perlu berkomunikasi secara langsung satu sama lain.

Efisiensi Waktu: Anda dapat berkomunikasi dengan cepat tanpa membuang waktu untuk mobilitas.
Integrasi dengan layanan TIK lainnya: Saat berkomunikasi dalam jaringan, layanan TIK lainnya dapat digunakan untuk mendukung implementasi dan integritas komunikasi ini. Contoh layanan yang bisa digunakan, seperti presentasi, dokumen, berbagai layar.
Meningkatkan kekuatan komunikasi: Komunikasi dalam jaringan internet mendorong orang yang terbiasa diam di dunia nyata untuk secara aktif berkomunikasi di dunia maya.
Peningkatan Partisipasi: Dengan dibukanya saluran komunikasi, lebih banyak orang dapat berpartisipasi dalam diskusi.

Selain keunggulan, komunikasi online juga memiliki kelemahan sebagai berikut.

Diperlukan peralatan khusus. Dalam implementasinya, perangkat lunak dan perangkat keras diperlukan untuk komunikasi.
Jangan ungkapkan emosi pengguna: gerakan tubuh, ekspresi wajah, intonasi ucapan relatif sulit dipahami.
Banyak informasi tidak penting. Dalam banyak kasus, informasi yang diperoleh menjadi terlalu banyak dan membingungkan penerima.
Konsentrasi Konflik: Jika Anda berkomunikasi di jaringan alih-alih tempat di tempat dan waktu yang tepat, Anda dapat mengabaikan atau menunda hal-hal lain, bahkan membahayakan orang lain dan diri Anda sendiri.

Jenis komunikasi online

Ada dua jenis komunikasi dalam jaringan.
Komunikasi online sinkron (bersama)

Komunikasi dalam jaringan sinkron adalah komunikasi yang menggunakan komputer sebagai media yang dihasilkan secara bersamaan dalam waktu nyata. Contoh komunikasi sinkron adalah sebagai berikut.

a. Obrolan video

Obrolan video adalah teknologi untuk berkomunikasi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda.

Obrolan video dapat dilakukan pada Skype satu-ke-satu seperti, atau pada pertukaran multipoint (satu-ke-banyak / banyak-ke-banyak) seperti Google+ Hangouts.

b. Obrolan teks

Teks obrolan adalah fungsi, program, atau aplikasi jaringan Internet untuk berkomunikasi langsung dengan pengguna Internet lainnya di Internet dan berinteraksi.
Komunikasi online asinkron (tidak simultan)

Komunikasi dalam jaringan asinkron adalah komunikasi yang dilakukan “tertunda” menggunakan perangkat komputer atau perangkat lain. Contohnya termasuk forum, email, catatan simulasi visual, dan membaca dan menulis dokumen secara online melalui World Wide Web.

Sumber : https://laelitm.com/