Koperasi sekolah adalah

Koperasi sekolah adalah

Koperasi sekolah adalah

Koperasi sekolah adalah

Koperasi sekolah adalah

Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan dilingkungan sekolah yang anggota-anggotany terdiri atas guru-guru serta siswa/siswi sekolah tersebut.
Pengurus dan pengelola koperasi sekolah dilakukan oleh para siswa di bawah bimbingan kepala sekolah dan guru terutam guru bidang study ekonomi.
Pendirian koperasi sekolah diharapkan menjadi sarana bagi siswa untuk belajar melakukan usaha, mengembangkan kemampuan berkoperasi, belajar menyelesaikan masalah serta membina rasa tanggung jawab, disiplin,seia kawan dan jiwa koperasi.

Koperasi sekolah biasanya menjual keperluan-keperluan sekolah seperti alat tulis, seragam, buku pelajaran, dasi, topi, dll. Selain itu koperasi sekolah juga menyediakan makanan-makanan kecil. Sebagian besar dikoperasi sekolah juga sudah menyediakn jasa fotocopy, penjilidan dan laminating.

keuntungan didirikannya koperasi sekolah menurut saya:

  1. Siswa/i tidak perlu keluar sekolah lagi untuk membeli keperluan-keperluan sekolah
  2. Siswa/i tidak perlu takut lagi jika tidak membawa peralatan sekolah
  3. Kesehatan siswa/i lebih terjamin karna makanan yang dijual di koperasi sekolah pasti terjaga kebersihannya.

Koperasi Sekolah tidak hanya menguntungkan bagi para anggotanya saja tetapi juga menguntungkan bagi orang tua siswa tersebut. Keuntungannya antara lain orangtua siswa tidak perlu berdesakkan dipasar untuk membeli keperluan sekolah anaknya. Biasanya juga harga barang-barang yang dijual dikoperasi sekolah lebih terjangkau dibanding harga pasar.

Sumber : https://synthesisters.com/