Layanan Konseling di SMA N 1 Garawangi

Layanan Konseling di SMA N 1 Garawangi

Layanan Konseling di SMA N 1 Garawangi

Layanan Konseling di SMA N 1 Garawangi

Hari Sabtu lalu (18-07-2008), saya diundang untuk menjadi pemateri dalam acara In House Training yang diselenggarakan SMA Negeri 1 Garawangi Kabupaten Kuningan. Berdasarkan informasi dari Kepala Sekolah setempat, Bapak Drs. H. Rachmat Setiawan, M.M.Pd. bahwa kegiatan pelatihan semacam ini memang telah menjadi agenda rutin setiap akan memasuki tahun pelajaran baru dan diikuti oleh seluruh unsur guru dan staf tata laksana.

Tema pelatihan kali ini adalah “ Upaya terealisasinya Aplikasi Manajemen Pembelajaran bagi Pencapaian Mutu Pendidikan” dan pada kesempatan ini saya diminta untuk menyampaikan materi tentang Layanan Konseling di Sekolah. Untuk itu, saya memilih topik pembicaraan: “Layanan Konseling: Konsep dan Pratik, dengan harapan para peserta dapat memahami: (1) konsep dasar layanan konseling di sekolah; (2) peran guru dalam layanan konseling di sekolah; dan (3) aplikasi konsep konseling dalam PBM. Materi yang disajikan merupakan kombinasi antara perspektif kebijakan dan keilmuan (teoritis).

Dalam jadwal resmi, sebetulnya saya hanya disediakan waktu 75 menit, namun karena enthusias dan partisipasi peserta yang tinggi, maka atas seijin panitia setempat, penyajian materi diperpanjang hingga hampir 120 menit. Penyajian semakin berkembang dan interaktif tatkala dibuka kesempatan tanya jawab. Beberapa peserta ada yang masih merasa penasaran dan ingin memperoleh penjelasan lebih lanjut terkait dengan materi tentang optimalisasi peran guru dalam layanan Konseling, dan relevansi penggunaan reinforcement negatif (hukuman) dalam rangka pendisiplinan siswa di sekolah.

Tentunya saya berharap, semoga saja apa yang telah disampaikan dalam pelatihan ini dapat dipahami dan diimplementasikan dengan baik di SMA Negeri 1 Garawangi guna kepentingan efektivitas pendidikan di SMA Negeri 1 Garawangi.

Sebagai Pengawas Sekolah bidang Bimbingan dan Konseling maupun sebagai pribadi, maka sudah sepatutnya jika saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tinginya atas komitmen dan kepedulian SMA Negeri 1 Garawangi untuk memajukan peran dan fungsi Konseling di sekolah.

Sumber : https://www.giantbomb.com/profile/danuaji88/blog/what-is-the-difference-between-vocational-school-a/137730/