MACAM LEMBAGA KEUANGAN BANK

MACAM LEMBAGA KEUANGAN BANK

MACAM LEMBAGA KEUANGAN BANK

MACAM LEMBAGA KEUANGAN BANK

Dalam Lembaga keuangan Bank ini sendiri adalah perbankan, dimana posisi perbankan memiliki posisi yang paling penting dalam lembaga keuangan Indonesia. Hingga saat ini Indonesia menganut sistem ganda atau dual banking menurut hukum perbankan yang berlaku.

Dalam perbankan Indonesia sendiri hingga saat ini ada sistem perbankan yang menggunakan bunga dan menggunakan sistem syariah. Perbedaan nya cukup mencolok anatar dua perbanakan dinesia itu sendiri, biasanya syariah lebih memikirkan halal-haramnya serta maslahat-mudrahatnya.

1. BANK

Bank sendiri berasal dari bahasa Italia yang disebut “Banca” atau benceyang berarti bangku tempat duduk. Sejarah dari kata tersebut karena pada jaman dahulu banyak para Banker yang meminjam kan uang dengan duduk di banku tempat duduk yang berada dihalaman pasar.

Fungsi lain dari bank bisa berupa meminjamkan uang, penyimpanan uang, pemberian kredit, dan mengedarkan uang. Akan tetapi pengedaran uang ini sendiri hanya bisa di lakukan oleh bank pusat suatu negara, salah satu contohnya adalah di Indonesia pengedaran uang hanya bisa dilakukan oleh Bank Indonesia.

Pengertian kata Bank sendiri menurut kamus besar Indonesia adalah “ Bank adalah suatu lembaga keuangan yang usahanya memberikan kredit atau jasa dimana dilakukan dalam lalu lintas pengedaran uang.”

Sedangkan menurut seorang ahli yaitu Stuart Verryn mengatakan bahwa bank itu sendiri adalah suatu badan atau lembaga yang memenuhi kebutuhan kredit dengan menggunakan alat penukaran yaitu uang yang di peroleh dari pihak lain, ataupun bisa juga mengedarkan uang berupa uang giral”.

UNSUR-UNSUR YANG MEMBENTUK BANK

  1. Lembaga Keuangan, dimana posisinya lembaga keuangan ini hanya beroperasi dibidang keuangan itu sendiri. Hingga saat ini telah ditentukan apa saja yang boleh dilakukan oleh lembaga keuangan tersebut dan yang tidak boleh.
  2. Adanya izin dari pengusaha moneter, yang mana bukan lain untuk saat ini adalah Bank Indonesia. Hal ini telah diatur dalam UU No. 10 Tahun 1998.
  3. Mengumpulkan dana dari masyarat itu sendiri dimaksudkan menjadi sebuah bentuk simpanan dari masyarakat untuk dikelola atau disimpan kembali oleh Bank.
  4. Menjadi pihak ketiga antara orang yang memiliki dana berlebih dengan orang yang membutuhkan dana lebih atau kekurangan dana. Hal ini bisa saja di artikan untuk yang berlebih dana akan menyimpan kan nya dalam bentuk tabungan, deposit, dsb. Sedangkan bagi yang kekurangan dana akan mempergunakan nya seperti dalam bentuk kredit, pinjaman berjangka, dan sebagainya.

2. BANK UMUM

Bank umum sendiri memiliki fungsi yang hampir sama dengan bank pada yang lain nya hanya saja memiliki sistem atau dasar hukum yang sedikit berbeda. Salah satunya adalah contoh yaitu bank syariah yang menggunakan sistem syariah dalam menjalankan sistem banknya.

Pengertian bank ini sendiri pun telah ditetapkan oleh Undang-Undang Indonesia, oleh  UU No. 10 Tahun 1998 sebagai berikut “Bank Umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan/atau berdasarkan prinsip syariah, yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran”.

Kelebihan dari bank ini adalah memiliki kewenangan untuk melakukan usaha-usaha kecil seperti pengembangan koperasi, memberikan pengembangan pada pengusaha kecil atau menengah, pengembangan ekspor migas, dan biasanya membantu pengembangan daerah perumahan.

3. BANK PERKREDITAN RAKYAT

Bank Perkreditan Rakyat atau bisa dibilang BPR adalah suatu bank memberikan batuan pada masyarakat-masyarakat perekonomian kecil seperti pedagang-pedagang di pasar atau masyarakat desa yang memiliki keterbatasan jarak yang cukup jauh dengan daerah perkotaan.

Fungsi lainnya biasanya mereka penyimpanan tabungan jangka panjang, atau yang lebih sering disebut deposit berjangka. Disisi lain Bank Perkreditan Rakyat ini tidak memberikan menawarkan jasa dalam lalu lintas pembayaran karenanya mereka tidak mengeluarkan uang giral.

Sistem dasar dalam Bank Perkreditan Rakyat ini sendiri adalah menggunakan sistem syariah.Dari pengertian diatas kita ketahui bahwa perbedaan dari Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Umum adalah Bank Perkreditan Rakyat tidak memberikan penawaran berupa jasa dan mengeluarkan uang giral.

Berbeda dengan Bank Umum mereka melakukan kegiatan pemberian jasa dan mengeluarkan uang giral.


Sumber: https://www.terbaru.co.id/might-and-mayhem-apk/