Manfaat dan Khasiat Daun Salam

Manfaat dan Khasiat Daun Salam

Manfaat dan Khasiat Daun SalamManfaat dan Khasiat Daun Salam

Pengertian

Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan Nusantara. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel, sedangkan nama ilmiahnya adalah Syzygium polyanthum.

Daun salam pemilik nama latin Syzygium polyanthum biasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk penyedap dan pengharum masakan. Misalnya dalam masakan gulai dan pepes, aroma dari daun salam benar-benar menggugah selera. Tapi yang akan kita bahas disini adalah manfaat daun salam untuk kesehatan dan obat tradisional.

Ya, selain digunakan sebagai bumbu masak, daun salam juga kerapkali digunakan sebagai obat tradisional. Beberapa penyakit bisa disembuhkan oleh daun salam, diantaranya Diare, Maag, Kencing manis, Mabuk akibat alkohol, asam urat, hipertensi, dan membantu menurunkan kadar kolesterol.

Kenapa daun salam memiliki khasiat yang begitu besar untuk kesehatan? Tidak lain tidak bukn adalah karena senyawa yang terkandung di dalamnya. Daun salam memiliki cukup banyak kandungan vitamin C dan Vitamin B kompleks yang sangat berguna dalam penyembuhan asam urat. Selain itu daun salam juga mengandung Minyak atsiri (0,05 %) mengandung sitral dan eugenol, tanin dan flavonoida.

Ciri – ciri

Pohon berukuran sedang, mencapai tinggi 30 m dan gemang 60 cm. Pepagan (kulit batang) berwarna coklat abu-abu, memecah atau bersisik.

Daun tunggal terletak berhadapan, dengan tangkai hingga 12 mm. Helai daun berbentuk jorong-lonjong, jorong sempit atau lanset, 5-16 x 2,5–7 cm, gundul, dengan 6-11 urat daun sekunder, dan sejalur urat daun intramarginal nampak jelas dekat tepi helaian, berbintik kelenjar minyak yang sangat halus.

Karangan bunga berupa malai dengan banyak kuntum bunga, 2–8 cm, muncul di bawah daun atau kadang-kadang pada ketiak. Bunga kecil-kecil, duduk, berbau harum, berbilangan-4; kelopak seperti mangkuk, panjangnya sekitar 4 mm; mahkota lepas-lepas, putih, 2,5-3,5 mm; benang sari banyak, lk.

3 mm, terkumpul dalam 4 kelompok, lekas rontok; piringan tengah agak persegi, jingga kekuningan. Buah buni membulat atau agak tertekan, 12 mm, bermahkota keping kelopak, berwarna merah sampai ungu kehitaman apabila masak.

Adapun Daun Salam Memiliki Kandungan sebagai Berikut :

Mempunyai Kalori
Mempunyai Karbohidrat dan serat
Mempunyai Mineral
Mempunyai Vitamin A, B-6, B-9,C

Khasiat Daun Salam dalam Untuk Tubuh
Secara medis, daun salam dan buahnya sangat beragam. Mengandung astringent, diuretik dan sifat perangsang nafsu makan;
Dalam pengobatan herbal, ramuan dari daun salam dikenal manjur untuk menenangkan perut dan menghilangkan nyeri perut;
Manfaat daun salam lainnya sebagai obat sakit maag dan meredakan perut kembung;
Kegunaan daun salam dalam minyak esensial untuk obat-obatan tradisional seperti pengobatan nyeri otot, bronkitis dan flu.
Manfaat Daun Salam

Daun salam bisa dijadikan obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini penyakit yang dapat diobati dengan daun salam.

Mengobati Asam Urat
Kegunaan daun salam sebagai obat asam urat bisa dilakukan dengan merebus daunnya. Caranya, ambil 10 lembar daun salam dan rebus bersama sekitar 700 cc air atau 3,5 gelas belimbing. Biarkan rebusan tersebut hingga tersisa satu gelas. Saring air rebusan dan minum selagi hangat.

Mengobati Diare
Untuk mengobati diare, ambil 15 g daun dicuci bersih lalu direbus dengan 1 gelas air bersih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin disaring lalu diminum.

Menurunkan Kolesterol Tinggi
Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur.

Kencing manis
Ambil 7 lembar daun salam dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampal tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 kali minum.

Obat Sakit maag
Ambil 15-20 lembar daun dicuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum sebagai teh setiap hari, sampai rasa penuh dan perih di lambung menghilang.

Mabuk akibat alkohol
Untuk mengobati orang yang mabuk alkohol, ambil 1 genggam buah salam yang sudah masak dicuci bersih lalu ditumbukbsampai halus. Peras dan saring airnya, lalu diminum.

Penyakit Kulit, Kudis, gatal
Ambillah daun atau kulit batang atau akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit.
Sebagai Obat Batuk :

2 gelas air
3 sdm madu
10-15 daun salam kering
1 buah lemon