Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Daun Salam adalah bumbu yang sering digunakan oleh orang Indonesia sebagai bumbu masakan. Daun Laurel biasanya digunakan dalam bentuk kering atau segar, yang bisa menjadi rasa alami untuk membuat makanan lebih menyenangkan. Selein untuk memasak, manfaat daun salam terbukti sehat untuk tubuh. Apa manfaat kesehatan dari daun salam?

Manfaat daun salam untuk kesehatan

Berikut ini adalah berbagai khasiat daun laurel atau daun salam untuk kesehatan yang jarang Anda ketahui:

1. Kontrol diabetes
Bagi mereka yang menderita diabetes, lebih baik mengambil daun salam secara teratur. Ternyata daun ini kaya akan antioksidan yang dapat dengan baik mendukung proses produksi insulin dalam tubuh. Tidak hanya itu, daun salam juga dapat membantu proses menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Beberapa penelitian kesehatan juga menunjukkan bahwa daun salam dapat mengatasi diabetes tipe 2.

2. Kontrol tekanan darah
Manfaat daun laurel yang mengandung flavonoid dapat membantu tubuh mengontrol tekanan darah. Kita hanya perlu mengambil 10 daun salam dan memasaknya bersama dengan 3 gelas air. Jika kita secara teratur minum air rebusan daun salam ini setidaknya sekali sehari, kita dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

3. Atasi batuk
Ketika kita batuk dan tidak sembuh, ada baiknya kita mencicipi bahan daun salam. Masak 2 daun salam dengan segelas air. Setelah dingin selama 10 menit, kita hanya perlu merendam kain bersih di ramuan dan kemudian menyeka kain di dada. Dipercayai bahwa metode ini mengurangi batuk.

4. Peningkatan kesehatan pencernaan
Daun Laurel memiliki efek yang sangat kuat pada saluran pencernaan. Mereka merangsang buang air kecil dan diuretik, yang menurunkan toksisitas tubuh dan juga merangsang muntah ketika racun masuk ke dalam tubuh.

Senyawa organik daun Laurel sangat efektif dalam menginduksi sakit perut, sindrom iritasi usus atau bahkan mengurangi gejala penyakit celiac. Beberapa protein yang lebih kompleks dalam nutrisi modern sulit dicerna, tetapi enzim unik pada daun salam berkontribusi pada pencernaan yang lancar dan penyerapan nutrisi yang efisien.

5. Membantu menutrisi rambut
Untuk meningkatkan kesehatan folikel rambut dan menghilangkan ketombe, daun salam dimasak dan kemudian dicuci setelah mencuci air rebusan yang didinginkan ke kulit kepala. Bahan kimia dan volatile daun Laurel dapat membantu menghilangkan kulit kering dan ketombe.

6. Bantu dengan pengobatan penyakit pernapasan
Minyak atsiri daun Laurel dapat dicampur menjadi salep dan dioleskan ke payudara untuk meredakan berbagai gangguan pernapasan. Daun Laurel juga bisa dilumatkan sebagai obat dengan cara digosokkan pada dada dan dibiarkan semalaman.

Menghirup uap daun salam memiliki efek yang mirip dengan aromaterapi dan dapat mencairkan lendir dan menghilangkan bakteri berbahaya yang mungkin terperangkap di saluran udara. Manfaat daun salam memiliki sifat antibakteri alami.

7. Mencegah kanker
Kombinasi unik antioksidan dan senyawa organik dalam daun salam, termasuk fitonutrien, katekin, linalool dan parthenolide, dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan sel sehat bermutasi menjadi sel kanker. Berita baiknya adalah manfaat daun laurel pada kanker yang berfungsi sebagai pencegahan kanker.

8. Jadikan jantung sehat
Manfaat daun salam bagi jantung, karena daun harum ini mengandung senyawa rutin dan asam caffeic. Kedua senyawa ini dapat memperkuat dinding jantung dan menurunkan kolesterol. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan pembentukan plak dan risiko serangan jantung atau stroke.

9. Obati batu ginjal
Satu studi menemukan bahwa efektivitas daun salam dapat membantu mengurangi kadar urease (enzim yang mengkatalisis hidrolisis urea untuk membentuk amonia dan karbon dioksida) dalam tubuh. Jika Anda memiliki banyak urease, kondisi ini dapat menyebabkan perkembangan batu ginjal dan masalah perut lainnya.

10. Meredakan rasa sakit
Berkat sifat anti-inflamasi daun salam, rasa sakit dapat dikurangi di semua jenis keseleo, radang sendi dan masalah persendian.

Anda bisa membuat campuran laurel dan daun jarak yang telah dihaluskan. Terapkan untuk radang sendi dan biarkan bekerja selama 20 menit.

11. Mempercepat penyembuhan luka
Manfaat daun salam untuk kesehatan lainnya dapat mengobati luka dan bekas luka. Hal ini disebabkan oleh sifat antibakteri dan antimikroba dari daun salam. Metodenya hampir sama seperti di atas, Anda cukup memalu daun salam dan mengoleskannya pada luka atau bekas luka.

12. Membantu mengatasi infeksi jamur
Berdasarkan hasil penelitian, sifat antijamur daun salam dapat mengatasi infeksi Candida dan mencegah adhesi Candida, mencegahnya menembus ke dalam membran.

13. meyakinkan
Seperti teh herbal lainnya yang dapat menenangkan, bahkan daun salam kering yang dibuat menjadi teh memiliki sifat menenangkan dan mencegah rasa takut. Jika Anda merasa cemas, segera minum teh laurel.

14. Mengatasi masalah menstruasi
Manfaat daun salam dapat mengatasi masalah menstruasi atau menstruasi biasa dan normal. Daun Laurel juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan keputihan. Konsumsilah teluk rebus atau teh daun salam untuk mendapatkan manfaatnya.

15. Membantu tertidur dengan cepat
Jika Anda makan air laurel yang sudah dimasak sebelum tidur, Anda bisa tidur lebih cepat. Mereka juga mengonsumsi ekstrak daun salam dicampur dengan air.

Efek samping dari daun salam

Meskipun banyak manfaatnya bagi kesehatan, daun salam memiliki efek samping penting yang perlu Anda ketahui, termasuk:

1. Mempengaruhi kontrol glukosa darah
Meskipun daun salam dapat membantu menurunkan kadar gula darah, daun salam juga memiliki efek samping yang mempengaruhi kontrol gula darah. Karena itu, diperlukan pemantauan gula darah secara cermat.

Hubungi dokter Anda jika Anda sudah menggunakan daun salam untuk gula darah tinggi atau diabetes.

2. Kemungkinan risiko selama operasi
Daun Laurel dapat memperlambat sistem saraf pusat. Tentu saja, kondisi ini akan menimbulkan masalah selama operasi (karena penggunaan anestesi). Disarankan untuk menghentikan penggunaan daun salam setidaknya dua minggu sebelum operasi.

3. Mempengaruhi pencernaan
Minyak daun salam dan minyak daun salam dapat aman bagi kebanyakan orang untuk dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Namun, makan seluruh daun salam mungkin tidak aman. Daun salam utuh tidak dapat dicerna sehingga tetap utuh saat melewati sistem pencernaan.

Baca Juga :