Media-media Sosialisasi

Media-media Sosialisasi

Media-media Sosialisasi

Media-media Sosialisasi

  • Keluarga

Keluarga adalah lembaga yang paling terkait erat dengan proses sosialisasi seseorang, karena keluarga merupakan kelompok primer yang selalu terjadi tatap muka diantara anggotanya sehingga selalu mengikuti perkembangan anggota-anggotanya.


Fungsi keluarga:

  1. Menjaga dan memelihara anak.
  2. Tempat awal persemaian nilai dan norma.
  3. Tempat persemaian cinta dan kasih sayang.
  4. Tempat perlindungan bagi anggota keluarganya.

  • Sekolah

Seperti halnya keluarga, sekolah memperoleh mandat untuk mensosialisasikan norma dan nilai kebudayaan bangsa dan negara, yang berpengaruh besar dalam pembentukan sikap dan perilaku seorang anak dalam mempersiapkan penguasaan peran-peran baru di masyarakat.

Fungsi Sekolah:

  1. Menyiapkan anak-anak untuk menyongsong kehidupan di masa depan.
  2. Membantu perkembangan potensi anak sebagai pribadi yang utuh dan makhluk sosial yang bermanfaat/
  3. Memperkaya kehidupan dengan memperluas wawasan pengetahuan.
  4. Membentuk warga negara yang patriotik dengan pelajaran tentang kekayaan negara, peningkatan persatuan dan kesatuan bangsa

  • Kelompok Teman Sebaya

Menurut Piaget: hubungan antara teman sebaya lebih demokratis dibanding hubungan orang tua dengan anak. Hubungan antara teman sebaya lebih diwarnai oleh semangat kerjasama dan saling memberi diantara anggotannya.

Dalam kelompok teman sebaya, aturan perilaku dicari dan diuji kemanfaatan-nya secara bersama-sama. Ketika anak mulai tumbuh dewasa, peran keluarga dalam perkembangan sosial semakin berkurang dan digantikan dengan kelompok teman sebaya.

Fungsi Kelompok teman sebaya:

  1. Dapat membantu remaja mencapai kemandirian.
  2. Membantu remaja untuk menjalani transisi ke arah yang lebih dewasa.

  • Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja merupakan sarana sosialisasi setelah individu melewati masa kanak-kanak dan masa remaja, karena pada umumnya individu yang dalam lingkungan kerja sebagaian besar dewasa. Dalam lingkungan kerja inilah individu akan saling berinteraksi dan berusaha menyesuaikan diri dengan nilai dan norma yang berlaku didalamnya.


  • Media Massa

Media massa merupakan media sosialisasi yang kuat dalam membentuk keyakinan-keyakinan baru.atau mempertahankan keyakinan yang sudah ada.. Proses sosialisasai melalui media massa ruang lingkupnya lebih luas daripada media sosialisasi yang lain. Iklan-iklan yang ditayangkan disinyalir telah menyebabkan pperubahan pola konsumsi, bahkan gaya hidup warga masyarakat.


Baca Juga :