MENGGUNAKAN GAME DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK

MENGGUNAKAN GAME DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK

Game atau permainan yang dimaksud disini bukanlan game pada gadget tetapi permainan-permainan interaksi langsung dengan anak. Untuk anak, belajar lewat game pasti lebih menyenangkan. Dan melewati game orangtua bisa memberi misal langsung, dan meminta anak memungut insights (makna) menurut permainan yang dilakukan. Ada sejumlah game simpel yang dapat dilaksanakan di lokasi tinggal di akhir pekan. Di samping menjadi teknik meningkatkan ikatan antara orangtua dan anak, sejumlah permainan ini bisa menjadi sarana dalam edukasi karakter pada anak.

Ember perilaku baik
Seminggu sekali, sediakan ember/wadah kecil tempat semua anggota family meletakan kertas yang mengandung pujian terhadap urusan baik yang dilaksanakan oleh masing-masing anggota family lainnya. Lalu setiap anggota family dapat menyimak apresiasi yang diserahkan oleh orang lain.

Kata-kata Garam
Gunakan tisu basah/lembab, kemudian taburi garam diatasnya. Kemudian mohon anak untuk memungut kembali garam yang menempel pada tisu. Anak akan merasakan kesulitan, dan orangtua bisa mengingatkan, bahwa garam itu seperti ucapan-ucapan yang tidak enak, atau perilaku yang tidak enak, andai sudah terlanjur menyakiti orang lain, meskipun kita telah meminta maaf, dampaknya masih tetap terasa.

Resep Menjadi Orang Baik
Dalam diskusi keluarga, mohon anak sebutkan salah 1 misal orang baik yang mereka kenal. Lalu usahakanlah susun bareng anak, kenapa anak-anak menyinggung orang itu sebagai orang yang baik. Apakah sebab ia suka menolong saat ada yang merasakan kesulitan? Apakah sebab ia senang berbagi benda/makanan yang dimiliki? Dengan demikian anak mendapat misal perilaku yang diharapkan serta role model dari perilaku tersebut.

Pay it forward
Ini ialah game karakter klasik yang telah lama dimainkan. Minta anak untuk menilik hal-hal baik yang dilaksanakan oleh orang lain untuk mereka hari itu. Misal: hari ini seorang rekan membantunya bangun saat anak terjatuh. Maka anak mesti mengerjakan tindakan baik pun ke orang lain. Contohnya: sebab aku ditolong temanku ketika aku terjatuh, kini aku mau tolong mama membasuh piring. Ingatkan anak guna kerap mengerjakan ini, sampai-sampai mulai terbentuk kelaziman pada mereka. Di samping itu, ajar anak untuk mengawali 1 perbuatan baik ke orang lain, andai memang dalam 1 hari tersebut mereka tidak menerima perbuatan baik dari siapapun.

Sumber : https://www.tonstudio-forum.de/wcf/acp/dereferrer.php?url=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id