Mentan Sampaikan Program Nawacita Pertanian kepada Mahasiswa Unpad

Mentan Sampaikan Program Nawacita Pertanian kepada Mahasiswa Unpad

Mentan Sampaikan Program Nawacita Pertanian kepada Mahasiswa Unpad

Mentan Sampaikan Program Nawacita Pertanian kepada Mahasiswa Unpad

BANDUNG – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyampaikan kuliah umum dihadapan mahasiswa

Fakultas Pertanian Unpad, Senin(15/5). Sejumlah rencana peningkatakan pertanian di Indonesia disampaikan kepada mahasiswa melalui pidatonya itu.

Mentan Amran mengatakan sebagai negara agraris Indonesia dapat menjadi bangsa yang besar jika mampu memaksimalkan potensi tersebut. Bahkan menurutnya kedepan kehidupan yang paling sejahtera adalah para petani.

Caranya dengan meningkatkan produksi mpertanian termasuk kualitasnya dengan berbagai

bantuan program termasuk mengganti peraturan-peraturan yang menghambat perkembangan pertanian nasional.

“Memang ada regulasi yang menghambat pertanian, sehingga membuat lambat penyelesaian masalah. Misalnya jika ingin membantu wabah serangan hama, harus tender dulu. Keburu sawah hancur. Jadi untuk kasus tertentu sekarang lebih cepat, pengadaan pupuk, pestisida tidak kaku lagi, sesuai kebutuhan lapangan,” tegasnya.

Ia menegaskan gangguan serangan hama dapat merugikan pertanian nasional dengan nilai hingga mencapai Rp40 triliun rupiah.

Hal itu menurutnya sudah disepakati pemerintah termasuk dengan BPK, Polri dan KPK

serta Kejaksaan sehingga koordinasi dapat berjalan lancar dan tidak ada hambatan dilapangan.

Rektor Unpad Tri Hanggono Ahmad mengatakan kekuatan agrikultur dapat membuat Indonesia berperan lebih banyak dalam kancah global. Namun kompleksitas masalah di bidang tersebut juga sangat banyak sehingga perlu kerjasama yang apik dari berbagai sektor.

“Dulu triple helix, yakni pemerintah, pengusaha dan petani. Sekarang jadi Penta Helix, yakni ditambah komunitas dan media. Media penting untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang program pemerintah,” tegasnya.

Menurutnya pertanian juga terkait dengan hal lain seperti infrastruktur, perdagangan dan lainnya. Sehingga tidak bisa jalan sendiri. Jo

 

Sumber :

https://www.kiwibox.com/alistudio/blog/entry/147702863/manfaat-gotong-royong/