MENUMBUHKAN MINAT BACA PADA ANAK

MENUMBUHKAN MINAT BACA PADA ANAK

Betapa pentingnya menumbuhkan minat menyimak pada si kecil semenjak dini supaya mereka tumbuh menjadi anak hebat yang menyukai buku. Karena, kitab adalahgerbang ilmu pengetahuan. Salah satu teknik yang dapat dilakukan Ibu guna mendorong minat menyimak anak ialah mendongeng atau membacakan kitab cerita sebelum tidur.

Jika si kecil terbiasa memperhatikan dongeng dari buku, maka besok ia bakal gemar menyimak dan menjadikannya sebagai kelaziman atau gaya hidup. Tapi, periksa dulu yuk sejumlah tips mendongeng yang butuh ibu simaklah berikut ini:

TIPS MENDONGENG

Pilih kitab cerita bergambar yang menarik, guna menumbuhkan minat menyimak anak, usahakan guna membacakan kitab dongeng silih-berganti masing-masing hari supaya anak tak gampang bosan.

Sertakan alat tolong atau boneka, bangun daya khayalan dan kreativitas si kecil dengan memainkan boneka ketika mendongeng.

Pesan moral dalam dongeng, usai mendongeng ucapkan pada anak apa saja nilai moral dan pesan yang terdapat dalam dongeng. Misalnya, mesti berbicara jujur, jangan durhaka pada orang tua, dan sebagainya.

MANFAAT MEMBACA BUKU CERITA/DONGENG

Kalau minat menyimak sudah tumbuh sebab anak terbiasa dibacakan kitab cerita semenjak kecil, bisa jadi besar besok ia bakal tumbuh menjadi anak yang gemar belajar. Membaca dan mendongeng (membacakan kitab cerita) paling berkaitan. Tengoklah sejumlah manfaat menyimak buku untuk si kecil inilah ini:

Waktu berkualitas bersama orang tua, ketika membacakan kitab cerita sebelum tidur, ibu bisa menjalin pulang kedekatan bareng buah hati.

Alternatif di samping nonton TV atau main games, anak-anak yang tidak diberi batas waktu bermain atau menyaksikan TV bakal sulit menata waktu dan berkonsentrasi belajar.

Mengasah kepintaran emosional dan intelegensia, dalam dongeng terdapat pesan moral mengenai empati, saling tolong-menolong dan keterampilan sosial lainnya yang dapat dipelajari oleh si kecil.

Melatih keterampilan berkomunikasi, membaca kitab cerita memperkenalkan anak kosakata baru guna memperkaya perbendaharaan kata saat ia berkomunikasi.

Sumber : https://www.tuugo.fr/Redirect?nextPage=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id