Pengertian Energi Menurut Para Ahli

Memahami energi adalah
Ringkasan
Apa itu energi? Secara umum, gagasan energi adalah sesuatu yang dapat dilakukan suatu objek, baik benda hidup atau benda mati, mampu melakukan pekerjaan (bisnis) atau membuat perubahan.

Pendapat lain menyatakan bahwa energi adalah kemampuan untuk melakukan bisnis (bekerja) atau melakukan perubahan. Dalam Fisika, makna energi adalah properti fisik dari suatu objek, ia dapat bergerak melalui interaksi mendasar, yang dapat diubah dalam bentuk tetapi tidak dapat dibuat atau dihancurkan.

Secara etimologis, kata “energi” telah diadaptasi dari bahasa Yunani “ergon” yang berarti bekerja. Jadi kata energi dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan pekerjaan atau usaha.

Memahami energi menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa energi itu, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli berikut:

1. Albert Einstein

Menurut Albert Einstein, gagasan energi adalah produk dari kuadrat dan massa kecepatan cahaya.

2. Michael J. Moran

Menurut Michael J. Moran, gagasan energi adalah konsep dasar termodinamika dan merupakan salah satu aspek penting dari analisis teknis.

3. Campbell, Reece dan Mitchell

Menurut Campbell, Reece dan Mitchell, energi adalah pengertian energi adalah kemampuan atau kemampuan untuk melakukan atau melakukan pekerjaan.

4. Alvin Hadiwono

Menurut Alvin Hadiwono, makna energi adalah sesuatu yang dapat bergerak dan juga memiliki hubungan dengan ruang dan waktu.

5. Arif Alfatah dan Muji Lestari

Menurut Arif Alfatah dan Muji Lestari, energi adalah sesuatu yang sangat diperlukan dalam kehidupan manusia untuk dapat melakukan pekerjaan, karena realitas bisnis yang pasti akan berubah.

Karakteristik energi umum Semua jenis energi yang ada di alam adalah abadi, atau dengan kata lain mereka tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dihancurkan. Namun, energi dapat diubah menjadi bentuk energi lain.

Energi adalah sifat kuantitatif yang harus ditransfer ke objek untuk bekerja atau memanaskan objek. Beberapa sifat energi adalah sebagai berikut:

Transformasi energi; suatu energi dapat diubah menjadi bentuk lain. Sebagai contoh; dalam listrik, besi diubah menjadi energi panas.
Transfer energi; suatu energi dalam suatu material atau tempat dapat ditransfer ke material atau tempat lain. Sebagai contoh; dalam proses merebus air, energi panas dari api ditransfer ke wajan logam sehingga panas mendidih air dan menguapkan air.
Transfer energi; hampir seperti transfer energi, energi yang terkandung dalam suatu benda dapat dipindahkan ke benda lain dengan gaya (energi mekanik).
Hemat energi; semua energi di alam tidak dapat diciptakan dan dihancurkan.
Baca juga: Definisi biologi

Jenis energi

Sumber energi terbesar berasal dari matahari yang menawarkan banyak manfaat bagi makhluk hidup di bumi. Selain matahari, ada berbagai jenis energi alternatif. Ada berbagai jenis energi alternatif sebagai berikut:

1. Energi termal (panas)
Energi panas adalah energi yang terjadi akibat pergerakan internal partikel penyusun suatu benda. Energi ini dapat bergerak pada partikel yang suhunya lebih rendah dalam tiga cara: konveksi, konduksi dan radiasi. Matahari adalah sumber energi panas terbesar yang diterima dari bumi.

2. Energi suara
Energi suara adalah energi yang terjadi karena getaran partikel udara di sekitar sumber suara. Semakin kuat getaran, semakin besar energi suara yang dihasilkan. Misalnya, drum yang dipukul keras menghasilkan getaran besar sehingga terdengar lebih besar.

3. Energi mekanik
Energi mekanik adalah energi yang ditemukan dalam benda bergerak. Jenis energi ini dibagi menjadi dua, yaitu:

Energi potensial, atau energi yang dihasilkan oleh suatu objek dalam posisi tertentu ketika melakukan bisnis. Misalnya, bola diangkat dan kemudian dilepaskan sehingga bola kembali ke posisi semula.
Energi kinetik, yaitu energi yang dihasilkan oleh suatu benda karena gerakannya. Semakin besar kecepatan suatu benda, semakin besar energi kinetiknya. Misalnya, mobil yang bergerak cepat akan menghasilkan energi kinetik yang hebat.

4. Energi cahaya

Energi cahaya adalah energi yang dihasilkan oleh gelombang elektromagnetik. Misalnya, lampu pijar dihasilkan oleh listrik.

5. Energi kimia
Energi kimia adalah energi yang terjadi akibat interaksi kimia dari suatu reaksi kimia. Misalnya, reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh manusia selama pencernaan makanan yang masuk ke usus dan lambung.

6. Energi nuklir
Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi mendasar yang ada dalam materi

7. Listrik
Energi listrik adalah energi yang diciptakan dan dihasilkan oleh muatan listrik yang bergerak melalui kabel tembaga. Energi ini adalah energi yang paling dibutuhkan oleh manusia karena dapat digunakan untuk mengoperasikan berbagai peralatan yang membantu kehidupan manusia.

 

Manfaat energi bagi manusia

Energi sangat berguna bagi makhluk hidup di bumi, termasuk manusia. Manusia juga dapat menggunakan energi dengan mengubah bentuknya menjadi bentuk energi alternatif. Mengacu pada pengertian energi, adapun beberapa manfaat energi adalah sebagai berikut:

Energi matahari diubah menjadi listrik. Pembangkit listrik tenaga surya sudah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia.
Gerakan atau energi mekanik yang dihasilkan oleh angin dan air diubah menjadi energi termal dan listrik untuk berbagai kebutuhan manusia.
Energi cahaya matahari diubah menjadi energi kimia.
Energi listrik diubah menjadi berbagai energi lain untuk kebutuhan manusia. Misalnya, listrik diubah menjadi; energi termal pada setrika, energi suara pada bel, energi gerakan pada kipas dan banyak lagi.

Artikel terkait : rumus guru