Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara

Memahami Pancasila sebagai Landasan Negara – Pancasila sebagai fondasi negara adalah cara hidup warga negara Indonesia, di mana prinsip-prinsip tersebut harus dipraktikkan untuk menciptakan kehidupan yang aman dan harmonis, yang diperintahkan oleh Allah SWT. Selain itu, sebagai warga negara Indonesia, kita tentu harus tahu dan memahami sejarah Pancasila, sehingga kita selalu menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

Tentu saja, dalam materi sekolah, kita sering mendengar bahwa Pancasila berasal dari dua kata Sansekerta, panca, yang berarti lima, dan sila, yang berarti prinsip. Pancasila adalah formula dan juga panduan bagi semua orang Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila juga dapat diartikan sebagai lima landasan pembentukan negara. Istilah Pancasila juga terkandung dalam sebuah buku karya Empu Tantular, buku Sutasoma. Untuk lebih jelasnya, lihat ikhtisar Pancasila berikut ini.

Seperti kita ketahui bersama, Pancasila adalah salah satu fondasi dasar Republik Indonesia. Dalam hal ini, semua hal yang berkaitan dengan negara Republik Indonesia harus ditentukan dan diputuskan berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Sebagai warga negara Republik Indonesia, kita harus tahu arti Pancasila sebagai dasar negara. Sayangnya, masih banyak orang dewasa (termasuk mereka yang ada di pemerintahan) yang tidak mengerti arti pancasila yang kita gunakan sebagai fondasi negara kita (2015).

Untuk membantu kami memahami pentingnya Pancasila sebagai dasar Republik Indonesia, berikut adalah beberapa informasi tentang definisi Pancasila sebagai dasar Republik Indonesia yang telah kami siapkan untuk Anda:

Definisi dan pengertian Pancasila sebagai dasar negara

Jika kita mengartikan istilah yang membentuknya, istilah Pancasila yang diambil dari sumber https://ilmubelajar.com, sebagai dasar negara, berarti bahwa segala hal yang berkaitan dengan urusan atau urusan negara harus diputuskan berdasarkan, atau bahkan berdasarkan, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 itu sendiri menyatakan, “Maka pemerintah negara Indonesia harus dibentuk untuk melindungi semua orang Indonesia dan semua tumpah darah Indonesia dan mempromosikan kebaikan bersama, mendidik bangsa, dan berpartisipasi dalam implementasi dunia Kemerdekaan nasional Indonesia, yang didasarkan pada kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial, dirangkum dalam konstitusi Indonesia yang dibentuk dalam struktur negara Republik Indonesia berdasarkan peralatan populer berdasarkan dewa yang maha kuasa, kemanusiaan yang adil dan beradab. Indonesia dan orang-orang yang dipimpin oleh mereka dalam menyarankan representasi kebijaksanaan dan penciptaan keadilan sosial untuk semua orang Indonesia “.

Jika Anda melihat isi pembukaan UUD 1945 di cermin, semua pihak di Republik Indonesia (termasuk aktor atau otoritas pemerintah) harus menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan masyarakat dan negara.

Sayangnya, sebagai dasar Republik Indonesia, Pancasila sering dilupakan dalam praktik dan tidak digunakan sebagai dasar untuk menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan kepentingan Republik Indonesia dan rakyatnya.

Fungsi Pancasila sebagai dasar negara

Pancasila memiliki fungsi dasar sebagai dasar negara:

  • Banding Republik Indonesia;
  • Cita-cita hukum Republik Indonesia;
  • Sumber dorongan untuk otoritas penegakan hukum dan pelaksana pemerintah Republik Indonesia;
  • Sebagai norma yang mendasari semua keputusan Pemerintah dan lembaga penegak hukum Republik Indonesia;
  • Seperti suasana mistis dari UUD 1945.

Baca Juga :