Pengertian Sistem, Sistematika dan Karya Ilmiah

  Pengertian Sistem, Sistematika dan Karya Ilmiah

  Pengertian Sistem, Sistematika dan Karya Ilmiah

 

  Pengertian Sistem, Sistematika dan Karya Ilmiah

Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani(sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasimateri atauenergi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Sistematika Merupakan suatu penjabaran secara deskriptif tentang hal-hal yang akan ditulis, yang secara garis besar terdiri dari bagian awal, bagian isi dan bagian akhir.  Dalam prosedur format penulisan pembuatan makalah ini terdapat 3 hal utama yang menjadi unsur pembuatan karya tulis ini, yaitu bagian awal, bagian isi dan bagian akhir.

Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Sistematika karya ilmiah adalah cara penyusunan dan penulisan suatu karya ilmiah dengan baik dan benar atau bisa disebut juga dengan penulisan dan penyusunan yang sesuai dengan aturan.

2.2         Cara Penulisan Sistemtika Karya Ilmiah Yang Baik

2.2.1   Sistematika penulisan Skripsi / Tugas Akhir

  1. Bagian awal

Pada bagian ini berisi hal-hal yang berhubungan dengan penulisan karya tulis ilmiah yakni sebagai berikut :

  1. Halaman Judul

Ditulis sesuai dengan cover depan sesuai aturan yang ada.

  1. Lembar Pernyataan

Yakni merupakan halaman yang berisi pernyataan bahwa penulisan   karya tulis ini merupakan hasil karya sendiri bukan hasil plagiat atau penjiplakan terhadap hasil karya orang lain.

  1. Lembar Pengesahan

Pada Lembar Pengesahan ini berisi Daftar Komisi Pembimbing atau guru pembina, Pada Bagian bawah sendiri juga disertai tanda tangan Pembimbing.

  1. Abstraksi

Yakni berisi ringkasan tentang hasil dan pembahasan secara garis besar dari Penulisan karya tulis dengan maksimal 1 halaman.

  1. Kata Pengantar

Berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut berperan serta dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan karya tulis (a.l. Kepala Sekolah, Guru, rekan dll).

  1. Halaman Daftar Isi

Berisi semua informasi secara garis besar dan disusun berdasarkan   urutan nomor halaman.

  1. Halaman Daftar Tabel
  2. Halaman Daftar Gambar, Daftar Grafik, Daftar Diagram

https://pss-sleman.co.id/pirates-apk/