Periodisasi Menurut Geologis

Periodisasi Menurut Geologis

Periodisasi Menurut Geologis

Periodisasi Menurut Geologis

Geologis atau ilmu bumi yakni ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Berdasarkan hal tersebut, terjadinya bumi sampai sekarang dibagi ke dalam empat zaman. Menurut ahli geologi, sejarah  perkembangan bumi dapat dikelompokan menjadi empat periode zaman, yakni zaman arkaekum, palaeozoikum, mesozoikum, dan neozoikum.

1) Arkaekum

Zaman ini berlangsung kira-kira selama 2500 juta tahun. Pada saat itu kulit bumi masih panas sehingga belum terdapat kehidupan.

2) Palaezoikum

Zaman ini berlangsung selama 340 juta tahun. Makhluk hidup yang muncul pada zaman ini seperti mikro organisme, ikan, amfibi, reptil, dan binatang yang tidak bertulang punggung. Zaman ini sering disebut juga zaman primer.

3) Mesozoikum

Zaman ini  berlangsung kira-kira selama 140 juta tahun. Pada zaman ini pertengahan ini, jenis reptil mencapai tingkat yang terbesar sehingga pada zaman ini sering juga disebut zaman reptil. Zaman ini sering disebut juga zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan. Setelah berakhirnya zaman ini, maka muncul kehidupan yang lain, yakni jenis burung dan binatang menyusui yang masih rendah sekali tingkatannya. Adapun jenis reptilnya mengalami kepunahan.

4) Neozoikum

Zaman ini sering disebut zaman hidup baru yang dapat dibedakan menjadi 2 zaman, yakni; (https://bandarlampungkota.go.id/blog/tabel-sistem-periodik-unsur-kimia-dan-gambar-hd/)
a) Tersier atau zaman ketiga
Zaman ini berlangsung kira-kira selama 60 juta tahun. Zaman ini ditandai dengan perkembangan jenis binatang menyusui seperti kera.
b) Kuartier atau zaman keempat
Zaman ini ditandai dengan adanya kehidupan manusia sehingga merupakan zaman terpenting. Zaman ini  dibagi lagi menjadi 2 zaman, yakni zaman Pleistocen dan Holocen. Zaman Pleistocen atau Dilluvium berlangsung kira-kira 600.000 tahun yang ditandai dengan adanya manusia purba. Zaman Holocen atau Alluvium berlangsung kira-kira selama 20.000 tahun yang lalu dan terus berkembang sampai dewasa ini. Pada zaman ini, ditandai dengan munculnya manusia jenis Homo Sapiens yang memiliki ciri-ciri seperti manusia yang hidup pada zaman modern sekarang.