Perlawanan Terhadap VOC (dan Belanda)

Perlawanan Terhadap VOC (dan Belanda)

Setelah kemenangan besar melawan Portugis, bersama Sultan Baabullah Ternate pada khususnya dan Maluku pada umumnya mengalami masa keemasan. Tapi setelah wafatnya pada 1583 yang meninggalkan luka mendalam, tak ada lagi pemimpin sekaliber dia yang memimpin Maluku.

Krisis pemimpin ini membuat Maluku pelan-pelan mengalami kemunduran. Maka tak heran jika kemudian datang lagi musuh lama, yaitu Portugis yang masih saja mencoba menguasai bumi Maluku.

Penyerangan Portugis-Spanyol dan Bantuan Menyesatkan Belanda

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Portugis bersama Spanyol mencoba menguasai Maluku. Dan segala upaya mereka tak mampu dibendung oleh Kesultanan Ternate dan Maluku disekitarnya.

Bahkan, Sultan Ternate dibuang. Hal ini, membuat Ternate mau-tidak-mau harus meminta bantuan dari luar. Dan Belanda dengan armada-nya pun bersedia menolong, tapi dengan bayaran mahal yang akan disesali.

Ya, armada Portugis berhasil ditumpas. Tapi disinilah awal monopoli Belanda (VOC) dimulai. Hal itu diawali dengan perjanjian kontrak monopoli dagang VOC atas imbalan bantuan mereka pada 1607.

Setelah itu, lebih dari 300 tahun lamanya bangsa Belanda menguasai tanah Maluku. Semakin lama pengaruh Belanda makin kuat. Lewat perintah sultan Belanda/VOC dapat dengan leluasa membuat peraturan yang merugikan rakyat.

Pemberontakan-Pemberontakan Terhadap Belanda (VOC)

Hal itupun menimbul kekecewaan rakyat. Dan akhirnya terjadilah pemberontakan-pemberontakan sepanjang abad ke-15. Seperti pemberontakan Salahakan Hulu pada 1635 dan Sultan Sibori pada 1675. Tapi semua hal itu dapat ditumpas dan puncaknya, pada 1683 Sultan Sibori dengan terpaksa mengakhiri masa Kesultanan Ternate sebagai negara berdaulat, diganti dengan kerajaan independen Belanda.

Segala hal ini pun Maluku tak lagi berkutik. Memang ada pemberontakan, tapi dengan pengawasan Belanda hanya bisa dilakukan secara sembunyi-sembunyi dengan dampak yang tidak besar. Sampai Indonesia merdeka.

https://butikjersey.co.id/scarlett-mysteries-apk/