Stuktur Organisasi

Stuktur Organisasi

Stuktur Organisasi

Stuktur Organisasi

Stuktur Organisasi

Salah satu sarana manajemen yang memungkinkan perusahaan dapat memanfaatkan sumberdaya secara optimum dalam usaha mencapai tujuan adalah struktur organisasi. Struktur organisasi sangat menentukan kelancaran arus informasi yang diperlukan manajemen dalam mengelola perusahaan dan mempunyai hubungan secara langsung dengan biaya operasi. Struktur organisasi yang tidak tepat, mejadikan organisasi tersebut tidak efektif yang akan menyebabkan biaya operasi menjadi tinggi.

Pengorganisasian tergantung pada banyak faktor, misalnya Jenis perusahaan, jenis produksi, luas, kondisi dan tujuan serta strategi yang ditetapkan pada suatu periode tertentu. Hal demikian membedakan struktur organisasi suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Untuk berhasilnya proses produksi dengan lancar, PT. Samudra montaz telah membentuk organisasi sistem pencanaan produksi dan pengendalian persediaan dalam satu departemen tersendiri yang dipimpin oleh PPC manajer. Hal pokok yang menjadi pokok perhatian perusahaan dalam pengorganisasian struktur organisasi sistem perencanaan dan pengendalian produksi ini adalah kondisi-kondisi yang terdapat pada perusahaan ini secara luas meliputi;

Jenis proses produksi yang dikerjakan oleh PT. Samudra Montaz yaitu proses produksi berdasarkan pesanan pelanggan dengan proses produksi terputus-putus. Setiap saat terdapat kemungkinan adanya produk baru sehingga terdapat beragam macam produk. Jenis proses produksi ini mempunyai tingkat kesulitan yang sangat tinggi dibanding jenis proses produksi lainnya. Karena itu pengorganisasian merupakan hal yang sangat penting. Organisasi Sistem Perencanaan Produksi Dan Pengendalian Persediaan harus dapat memisahkan fungsi-fungsi penyimpanan, pencatatan dan pengawasan secara tegas. Pemisahan fungsi ini diharapkan mencegah timbulnya hal-hal yang menghambat kelancaran pelaksanaan proses produksi.
Manajemen sumberdaya, dimana terdapat sumberdaya fisik dan manusia yang terbatas, sehingga perlu dikoordinir sedemikian rupa untuk dapat menangani masalah-masalah yang cukup rumit dengan biaya yang ekonomis.
Alat bantu komputer dan program aplikasi yang dapat menghasilkan informasi dengan cepat dan akurat sesuai dengan tingkat kebutuhan serta diimbangi dengan tingkat kemampuan sumberdaya manusia yang tersedia. Pemilihan teknologi yang seimbang dengan informasi yang dibutuhkan dan kemampuan sumberdaya manusianya sehingga investasi yang ditanamkan tidak menjadi sia-sia. Ketelitian dan kecepatan serta tanggap adalah factor yang sangat diperlukan karena keterlambatan informasi sangat berpengaruh terhadap aktivitas perencanaan produksi.

Baca Juga :