Tips Sederhana Mengamankan Smartphone Android (Tanpa Root)

Tips Sederhana Mengamankan Smartphone Android (Tanpa Root)

Tips Sederhana Mengamankan Smartphone Android (Tanpa Root)

 

Tips Sederhana Mengamankan Smartphone Android (Tanpa Root)

Tips Sederhana Mengamankan Smartphone Android (Tanpa Root)

Smartphone bagi sebagian orang ada perangkat utama untuk menyimpan banyak file. Mulai dari file kerjaan, tugas kuliah, sampai file-file pribadi (foto, video, semacamnya). Kalau 10 tahun lalu orang banyak menggunakan flashdisk, sekarang smartphone adalah “tempat penyimpanan” utama.

Tidak mengherankan memang kalau smartphone menjadi tempat penyimpanan utama banyak orang. Selain bisa digunakan untuk menyimpan,

smartphone android juga bisa digunakan unuk “memproduksi” data-data. Mulai dari foto, video, sampai dengan dokumen. Semuanya bisa dibuat secara langsung melalui smartphone.

Mau foto-foto, sekarang tinggal buka aplikasi kamera di smartphone. Lebih simpel dari bawa-bawa SLR. Mau bikin atau edit dokumen, tinggal buka smartphone. Tidak perlu lagi bawa-bawa laptop kemanapun.

Karena saking banyaknya data-data penting yang disimpan di smartphone, kamu pasti sudah sering ‘kan dengar temanmu bilang “yang penting itu data-datanya, bukan smartphonenya” ketika kehilangan smartphone? Atau kamu sudah pernah bilang begitu ketika kehilangan smartphone?

Karenanya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti data-data yang diakses dan digunakan orang, berikut ini adalah beberapa tips sederhana mengamankan smartphone android kamu.

Gunakan Kunci Layar

Android punya fitur bawaan yaitu mengunci layar dengan pola, pin, dan password. Memang, mengunci smartphone dengan pola, pin, atau

password akan sedikit menyulitkan kamu setiap kali ingin menggunakan smartphone.

 

Namun, penggunaan kunci smartphone sangat penting. Kita tidak tahu dimana atau kapan kita akan kehilangan smartphone. Tentu kita tidak ingin kehilangan smartphone, namun untuk menghindari dampak buruk dari kehilangan smartphone, tidak ada salahnya kita melakukan penceagahan.

Dengan mengunci smartphone menggunakan pola, sandi, atau pin, ketika kehilangan smartphone kita bisa meminimalisir efek buruk yang bisa ditimbulkan. Seperti data-data kita yang digunakan orang lain, atau semacamnya. Orang yang menemukan smartphone tersebut tidak akan dengan mudah membuka smartphone tersebut.

Kunci Setiap Aplikasi Penting

Saat ini, banyak sekali aplikasi android yang berfungsi untuk mengunci aplikasi. Jadi, jika kamu ingin menggunakan suatu aplikasi, kamu terlebih dahulu harus memasukan sandi yang sebelumnya telah kamu tentukan.

Jika gagal atau salah memasukan sandi, maka aplikasi tersebut tidak bisa kamu gunakan. Aplikasi-aplikasi semacam ini bisa kamu gunakan

untuk meningkatkan keamanan smartphone android kamu.

Terutama untuk mengamankan aplikasi-aplikasi tertentu yang mengandung akun dan data-data penting seperti sosmed, email, dan aplikasi pesan instan. Sehingga meminimalisir orang-orang iseng yang mencoba mengakses aplikasi-aplikasi tersebut tanpa sepengetahuan kamu.

Itua dia sedikit tips sederhana untuk meningkatkan keamanan smartphone android kamu tanpa root. Cukup mengandalkan fitur-fitur bawaan android dan bantuan aplikasi lainnya. Sudahkah kamu menerapkan hal ini?

Sumber:

https://galleta.co.id/sword-man-apk/