Upaya melalui Keluarga

Upaya melalui Keluarga

  1. Meningkatkan pendidikan ayah: kemampuan membaca, menyerap dan menerapkan informasi.
  2. Meningkatkan keterampilan ekonomi keluarga, peningkatan penghasilan, pemanfaatan potensi dirumah tangga.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan sikap ayah tentang:

1)      Perencanaan keluarga: (punya bayi <21 tahun, jarak antara kehamilan 2-3 tahun, jumlah anak 2, melahirkan sebelum 35 tahun.

2)      Kesehatan ibu: pencegahan anemi, gizi kurang, infeksi.

3)      Perawatan kehamilan: pemeriksaan kehamilan sejak dini dan teratur, pencegahan anemi, gizi kurang, imunisasi, penyulit selama hamil (perdarahan, infeksi, toksemia).

4)      Persalinan yang aman: disarana kesehatan terdekat, terutama untuk ibu yang beresiko tinggi (kurang gizi kronik, anemi, perawakan pendek <145 cm, terlalu muda atau telalu tua, jarak kehamilannya terlalu dekat, terlalu sering hamil, terlambat periksa hamil).

5)      Perawatan Bayi/Balita: perawatan bayi baru lahir, tali pusat, ASI, imunisasi, makanan bayi dan anak, pencegahan infeksi, kecelakaan, pertolongan pertama balita sakit (ISPA, Diare)

6)      Stimulasi bayi-balita sejak dini: kognitif, afektif, psikomotor, etika-moral, agama, sambil bermain melalui program BKB, BKB plus, PADU/ECD, BKR dan lain-lain.

7)      Perilaku bersih: cuci tangan sebelum memegang bayi, sumber air bersih, pembuangan tinja yang sanitary, menyimpan, mengelola memasak makanan, ventilasi dan pencahayaan dalam rumah.

  1. Meningkatkan pengetahuan dan sikap ayah

Hak-hak anak, pencegahan perilaku salah pada anak (fisik, seksual, psikis), pengabaian, penelantaran anak, eksploitasi anak, anak cacat, yatim piatu, dampak putus sekolah, terpaksa bekerja, anak jalanan, anak pengungsian, penggunaan NAPZA, pelaku kejahatan.

Kesimpulan

Secara umum “pencegahan” atau “prevention” dapat diartikan sebagai tindakan yang dilakukan sebelum peristiwa yang diharapkan (atau diduga) akan terjadi,sehingga peristiwa tadi tidak terjadi atau dapat dihindari. (to come before or precede,or anticipate, to makeimposibble by advance provision). Pencegahan atau prevention dapat diartikan sebagai bertindak mendahului (to come before or procede) atau mengantisipasi ( to anticipate) yang menyebabkan sesuatu proses tidak mungkin berkembang lebih lanjut. Jadi yang namanya “pencegahan” akan memerlukan tindakan antipatif (anticipatory action) berdasar pada penguasaan kita tentang model ‘riwayan alamiah penyakit nyan yang berkaitan inisiasi (awal mulai) atau kemajuan dari proses suatu penyakit atau masalah kesehatan ataupun tidak mempunyai peluang untuk berlanjut.

Upaya kesehatan Ibu dan Anak adalah upaya di bidang kesehatan yang menyangkut pelayanan dan pemeliharaan ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui, bayi dan anak balita serta anak prasekolah. Pemberdayaan Masyarakat bidang KIA merupakan upaya memfasilitasi masyarakat untuk membangun sistem kesiagaan masyarakat dalam upaya mengatasi situasi gawat darurat dari aspek non klinis terkait kehamilan dan persalinan.

  1. Saran
  2. Diharapkan pembaca dapat memahami isi makalah kami dan memperluas wawasan dari berbagai sumber lain. Karena makalah ini jauh dari kesempurnaan.
  3. Kami harapkan saran dari pembaca untuk kemajuan makalah ini.

Sumber: http://www.unmermadiun.ac.id/sewulan/index.php/2020/07/kinemaster-pro-apk/