WAH! Ini Dia Cara Menghilangkan Sakit Gigi yang Manjur

WAH! Ini Dia Cara Menghilangkan Sakit Gigi yang Manjur

WAH! Ini Dia Cara Menghilangkan Sakit Gigi yang ManjurWAH! Ini Dia Cara Menghilangkan Sakit Gigi yang Manjur

Ada orang bilang lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Sebegitu nyerinya sakit gigi sampai ada orang yang mengatakan demikian. Jelas saja, saat kita sakit gigi, kita susah untuk makan, nyerinya juga berdenyut dan tak tertahankan. Sakit gigi bisa membuat mood kita menjadi buruk. Bahkan banyak orang yang menderita sakit gigi menangis karena saking tidak tertahankannya rasa nyeri tersebut.

Tenang, disini saya akan berbagi informasi tentang cara menghilangkan sakit gigi kepada kamu. Tapi sebelum ke pokok pembahasan, mari kita bahas dulu apa penyebab sakit gigi ini. Dengan mengetahui penyebabnya kamu nantinya bisa mengurangi risiko kambuhnya sakit gigi ini di kemudian hari. Yup, mencegah lebih baik daripada mengobati kan?

Penyebab Sakit Gigi

Tidak rutin menyikat gigi

Penyebab gigi berlubang dan sakit yang selanjutnya adalah karena tidak rutin menyikat gigi. Kalo kamu jarang dan malas menggosok gigi kamu, maka sisa-sisa makanan akan menyebabkan kuman berkembang biak dengan cepat pada gigi kamu sehingga menyebabkan gigi kamu menjadi berlubang. Maka dari itu, mulai sekarang, rajin-rajinlah menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Sikatlah gigi kami setelah sarapan dan sebelum tidur.

Menyikat gigi dengan cara yang salah

Kita jarang menyadari bahwa kita kebanyakan menyikat gigi dengan cara yang kurang tepat. Banyak dari kita berpikir bahwa sikat gigi itu yang penting selesainya mulut enggak bau, ya kan? Ini tentu saja cara berpikir yang salah. Karena kalo kamu sembarangan dalam menyikat gigi, maka sisa makanan yang ada di gigi kamu bisa saja masih tersisa di sela-sela gigi.

Sisa makanan yang menempel ini akan menyebabkan kuman berkembang biak karena ia dapat menjadi makanan bagi kuman itu sendiri. Karena itu, mulailah menyikat gigi dengan cara yang benar mulai dari sekarang. Lakukan perlahan dan sistematis dalam waktu minimal 2 menit tiap menyikat gigi.

Peralatan sikat gigi yang kurang bagus

Penggunaan sikat gigi dan pasta gigi yang tidak bagus dapat meningkatkan risiko pembentukan lubang pada gigi kamu lho. Misalnya jika mulut atau gigi kamu tergolong kecil tapi menggunakan sikat gigi yang besar.

Hal ini tentunya akan membuat sikat gigi jadi tidak bisa menjangkau semua area pada gigi kamu dengan optimal yang mengakibatkan sisa makanan dapat tertinggal di mulut.

Terjadi karies pada gigi

Faktor penyebab terbentuknya lubang pada gigi selanjutnya adalah karies gigi. Karies gigi adalah penyakit gigi yang merusak struktur gigi. Jika tidak segera diatasi maka ia bisa membuat gigi kamu menjadi berlubang atau lebih buruk lagi harus dicabut agar infeksinya tidak menyebar.

Gigi Berlubang dan Karies Gigi
Gigi berlubang dan karies dapat disebabkan oleh cara dan alat sikat gigi yang kurang tepat sehingga menimbulkan sakit gigi
Credit : commons(dot)wikimedia(dot)org

Karies gigi juga bisa disebabkan oleh buruknya pembentukan enamel pada gigi, atau oleh masuknya bakteri streptococcus mutans dan lactoballi ke dalam mulut.

Konsumsi makanan manis yang berlebihan

Kalau kamu makan terlalu banyak makanan dan minuman yang sifatnya manis, bakteri akan lebih nyaman bersarang di mulut dan gigi kamu lho. Bakteri ini suka sekali dengan kondisi manis pada gigi terutama jika setelah makan manis kita tidak sikat gigi atau sekedar berkumur.

Ia akan berkembang dengan mengubah sisa makanan manis ini menjadi zat yang bersifat asam yaitu asam laktat yang kemudian dapat mengikis gigi kamu secara perlahan.

Oke, sekarang kamu sudah mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan gigi kita sakit. Mulai sekarang kamu dapat mulai melakukan pencegahan sakit gigi ini di kemudian hari. Lalu bagaimana jika sakit giginya sudah terjadi? Mari kita bahas satu per satu cara untuk menghilangkan sakit gigi yang saya kutip dari situs WebMD berikut ini.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Obat

1. Minumlah obat penghilang nyeri

Dokter gigi sering menyarankan obat paracetamol untuk anak-anak dan ibuprofen untuk orang dewasa sebagai penghilang sakit pada gigi. Kamu juga bisa memilih obat aspirin, namun harus diingat, jangan pernah memasukkan obat ini langsung pada gigi seperti mitos di masyarakat.

Obat Pereda Nyeri Untuk Menghilangkan Sakit Gigi
Paracetamol dan Ibuprofen merupakan jenis obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan sakit gigi
Credit : maxpixel(dot)freegreatpicture(dot)com

Obat anti nyeri ini tidak bekerja secara topikal langsung pada gigi, tapi melalui sistem di saraf pusat. Tindakan yang demikian malah berpeluang memperparah kondisi gigi dan mulut kamu.

2. Gunakan obat anestesi lokal

Jika obat seperti aspirin tidak boleh langsung dioleskan pada gigi yang sakit. Obat yang sifatnya anestetik justru boleh dioelskan lasngsung. Kamu dapat mengoleskan gel atau cairan penghilang rasa sakit ini langsung pada gigi yang sakit ataupun gusi di dekatnya.

Jenis obat yang dipilih haruslah yang bersifat anestesi lokal misalnya benzokain, yang akan membuat saraf nyeri di gigi dan gusi kamu ‘mati’ sementara. Namun harus diingat, penggunaan obat ini hanya untuk jangka pendek saja saat sakit gigi sudah tidak tertahankan.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami

3. Berkumurlah dengan air garam

Salah satu cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan sakit gigi adalah dengan berkumur menggunakan air garam yang hangat. Garam bisa digunakan sebagai pengobatan sakit gigi yang manjur karena kadar natrium yang tinggi bisa membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Garam dapat menjadi antiseptik alami sehingga bisa mencegah bau mulut kita.

Garam Untuk Menghilangkan Sakit Gigi
Berkumurlah dengan air garam untuk menghilangkan sakit gigi
Credit : commons(dot)wikimedia(dot)org

Caranya :
– Siapkan 2 sendok makan garam dapur
– Siapkan 1 gelas air hangat
– Masukkan garam ke dalam air hangat
– Aduk sampai garam larut seluruhnya
– Gunakan air larutan ini untuk berkumur
– Lakukan setiap kali kamu sikat gigi minimal 2 kali sehari

Sebagai tambahan, kamu juga bisa melakukan floss gigi untuk membuang kemungkinan sisa makanan yang menyangkut pada gigi kamu yang mungkin menjadi penyebab sakit gigi yang kamu alami.

4. Lakukan kompres dingin

Jika wajah atau pipi kamu ikut membengkak saat sakit gigi, kamu bisa memanfaatkan es untuk kompres dingin. Es ini bisa membantu meringankan rasa sakit pada gigi. Pembengkakan juga bisa berarti bahwa kamu memiliki abses di dalam, yaitu kantung berisi nanah pada bagian akar gigi.

Hal ini dapat menyebabkan infeksi serius pada rahang dan bagian gigi lainnya. Tanda yang mungkin menyertai adalah demam dan gusi yang memerah. Jika ini terjadi, periksakan segera ke dokter gigi.

Cara melakukan kompres dingin yaitu:
– Siapkan es secukupnya
– Siapkan kantong kompres atau handuk kecil
– Masukkan es ke dalam kantong kompres atau handuk kecil
– Tempelkan pada area pipi yang bengkak atau sakit sampai nyeri reda
– Es akan membantu menghilangkan sakit gigi yang kamu rasakan

5. Kompreskan es pada tangan

Selain dengan kompres dingin langsung pada pipi atau gigi yang sakit, kamu juga bisa melakukan kompres es pada tangan kamu. Kompres ini dapat juga mengurangi rasa sakit pada gigi. Kenapa bisa demikian? Para ahli percaya bahwa dengan melakukan hal ini, sensasi dingin dari es ini bisa menghambat sinyal rasa nyeri ke otak.

Es Untuk Menghilangkan Sakit Gigi
Sifat dingin es dapat memanipulasi saraf agar nyeri berkurang
Credit : maxpixel(dot)freegreatpicture(dot)com

Caranya:
– Siapkan es secukupnya
– Siapkan kantong kompres atau handuk kecil
– Masukkan es ke dalam kantong kompres atau handuk kecil
– Kamu juga bisa langsung menggenggam es tersebut jika kamu mau
– Letakkan es pada tangan kamu pada sisi yang sama dengan gigi yang sakit
– Gosokkan es atau kompres tersebut untuk mempercepat prosesnya
– Lakukan selama 7 menit atau sampai terasa kebal
– Kompres ini akan berperan sebagai anestesi alami